7 Menit Cara Mudah Membuat Website atau Blog Untuk Pemula

Merasa bingung Cara membuat website atau blog sendiri? tidak cuma kamu banyak orang juga merasakan hal yang sama ko. termasuk saya yang bukan lulusan IT. Untunganya untuk orang awam seperti kita, membuat blog atau website kini bukan jadi hal yang sulit lho. banyak platform yang menyediakan tempat untuk membuat blog atau website sendiri, tanpa harus mahir bahasa pemrograman pembuatan website. Gimana cara membuat blog sendiri tanpa ribet? mari kita bahas lebih lanjut.

Yang akan kita bahas  disini adalah cara membuat blog gratisan dan juga berbayar (Self hosting). Dalam membuat blog ada 2 platform yang terkenal dan banyak digunakan untuk membuat blog sendiri, yakni WordPress dan Blogspot.

cara membuat blog dengan mudah degan wordpres dan blogspot

Membuat Blog Dengan Blogspot atau Blogger

Platform blog milik Google ini cocok untuk kamu yang ingin membuat blog gratis. Walau untuk pemula sekalipun membuat blog dengan blogspot sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan jika kamu sudah punya akun gmail (google account) kamu sudah bisa mengkoneksikannya dengan blogspot tanpa harus mendaftar lagi dan bisa langsung membuat blog pertama kamu di blogspot. Dengan dashboard yang sederhana pastinya kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakannya, hanya saja tampilannya agak jadul jadi agak kurang menarik untuk sebuah dashboard milik perusahaan sekelas Google.

Langkah Mudah Cara Membuat Blog di Blogspot atau Blogger

Buka Blogspot.com atau Blogger.com

Pastikan kamu sudah punya akun Google / Gmail, jika belum ikuti langkah pembuatan Akun Gmail berikut Jika Sudah punya lanjutkan kelangkah selanjutya.

Cara Daftar Akun Gmail

Buka Gmail.com

Buat Akun baru

car membuat akun gmail gratisIsi form sesuai dengan data diri kamu

cara daftar email gmail

Kalu sudah centang  “I Agree to the Google Terms of Service and Privacy Policy” dan tekan “Next Step”

Lanjut ke Step selanjutnya dan kini akun gmail kamu sudah jadi

car membaut gmail dengan mudah

Lanjut ke membuat Blog di Blogspot >>

Jika sudah mempunyai akun gmail kita bisa langsung Create New Blog

cara-membuat-blog-gratisan-dengan-blogspot

Lalu isi data berikut: Masukan nama blog, URL blog (pastikan URLnya available) jika tidak bisa coba menggunakan tanda (-) atau variasi dengan angka misal blog-randa.blogspot.com atau blogranda32.blogspot.com , pilih template, dan klik Create Blog!

cara-membuat-blog-gratisan-dengan-blogspot02Sekarang blog kita sudah jadi, tinggal posting artikelnya dengan menekan button New Post. mudah bukan?

cara-membuat-blog-gratisan-dengan-blogspot03
Sekarang kamu sudah punya blog sendiri, tinggal diisi dan didesign sesuai dengan yang kamu mau.

Membuat Blog Dengan WordPress

WordPress merupakan CMS terbaik dan termudah untuk membuat blog. Dengan tampilan dashboard yang selalu update membuat kita akan lebih terbantu untuk memaksimalkan blog kita.

Tapi ada 2 macam wordpress disini, yakni WordPress com (Gratisan) dan WordPress org (self hosting). Yang dimaksud dengan self hosting adalah kamu diharuskan unttuk membeli hosting sendiri agar sistem WordPress dapat di install di hosting kamu.

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

perbedaan wordpress com dan org

WordPress.com merupakan layanan gratis untuk tempat membuat blog. biasanya alamat websitenya akan menjadi namadomain.wordpress.com walaupun ini bisa di custom menjadi nama domain sendiri dengan membeli domain di wordpress langsung. tetapi wordpress.com memiliki banyak keterbatsan karena wordpress sendiri sebagai penyedia hostnya. walau ada keterbatasan tapi untuk memulai blogging dengan wordpress.com masih ok.

WordPress.org hampir sama dengan wordpress.com bedanya yang ini opensource, dan hanya mengambil system CMSnya. jadi kalau kita menggunakan yang wordpress.org kita bisa edit themes dan yang lainnya lebih leluasa dibandingkan dengan wordpress.com. dan untuk menggunakan wordpress.org ini kita harus memilki domain dan hosting sendiri dulu pastinya.

Cara membuat blog di wordpress com

Buka wordpress.com

Create Website

cara mudah membuat blog dengan wordpress
Pilih yang Free, tekan select Free Plan

cara-membuat-blog-dengan-wordpress-fre-plan

Masukan nama blog dan ambil URL yang free (buatblogranda.wordpress.com)

cara-membuat-blog-dengan-wordpress-pilih-nama-blogPilih themes yag sesuai dengan pilihan kamu,

cara-membuat-blog-dengan-wordpress-pilih-themes

Masukan data diri kamu untuk register di blog, masukan alamat email, username dan password.

cara-membuat-blog-dengan-wordpress-register

setelah jadi silahkan cek email kamu (yang digunakan untuk mendaftar) lalu klik link verifikasi untuk memverifiaksi akun blog wordpres kamu.

jika sudah sekarang kamu sudah punya blog dan bisa posting untuk perama kali.

Cara membuat blog dengan wordpress.org

Seperti pada postingan membuat website toko online dengan wordpress menginstall wordpress di hosting sendiri itu sangat mudah. ikuti langkahnya berikut ini,

Masuk ke Cpanel Hosting kamu, scroll ke bawah ke bagian Softaculous, Click logo WordPress

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Jika sudah klik install

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous
Masukan nama domain kamu

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Is nama Blog, Deskripsi blog, dan masukan username dan password untuk akses admin blog kamu, kalau bisa yang mudah diingat saja.

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Pilih Themes dan tekan Install

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Sekarang blog yang kamu buat dengan wordpress.org sudah jadi, tinggal di design dengan mengganti themes baru dan posting artikel pertamamu segera 🙂

Menggunakan wordpress.org lebih powerfull untuk membuat bog, seperti halnya blog randasaputra.com ini yang dibuat dengan wordpress.org.

Conclusion

Untuk seorang pemula ketiga platform tersebut tetap bisa digunakan dengan masing-masing tujuan pembuatan blog itu sendiri. Membuat blog dengan platform gratisan sangat mudah dilakukan, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman website kita sudah bisa membuat blog sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya. Jika untuk belajar membuat blog dengan blogspot atau wordpress yang gratisan saja sudah cukup.

Beda halnya jika kita ingin membuat personal blog yang lebih maksimal, menggunakan yang berbayar tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan fitur yang lebih banyak dan lebih leluasa, membuat blog dengan wordpress (Self hosting) recommended untuk digunakan, sebut saja lazada, salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang juga menggunakan wordpress (self hoting) untuk website blognya.

WordPress (self hosting) tidak hanya digunakan untuk keperluan membuat blog pribadi, bisa juga untuk membuat website profil perusahan, atau membuat toko online (baca : cara membuat toko online dengan wordpress).

Cara Mudah Membuat Blog mudah bukan! Ayo bikin blog kamu sendiri.