Apa itu Domain dan Hosting?

Sebenarnya saya tidak akan bahas soal teknik cara cari penyedia domain dan hosting yang bagus yang kaya apa atau beli domain hosting paling stabil dimana.

Bukan!!!!

Saya cuma mau bahas untuk sharing kali ini adalah pengertian domain dan hosting dengan penjelasan yang sederhana.

Mengapa saya mau bahas ini, padahal diluar banyak info tentang domain dan hosting yang lebih lengkap?

Seperti yang saya katakan di postingan saya yang sebagai pembuka catatan menuju 100 juta. Bahwa saya akan sharing apapun sekalipun itu hanya basic, gunanya apa? sebagai pengingat saya khususnya yang suka lupa 😛

Okey sekali lagi yang sudah paham bisa baca artikel yang lainnya saja ya, tapi kalau memang anda penasaran dengan penjelasan ala saya monggo dilanjutkan membaca artikel ini sampai selesai, karena yang saya tulis adalah artikel yang dulu pertama kali berhasil membuat saya menjadi pemenang kontes blog (Best Content)

Apa itu Domain dan Apa itu Hosting?

Domain adalah alamat sebuah website, misalnya www.randasaputra.com

pengertian nama domain

yang saya garis tebal randasaputra.com adalah domain website saya.

dalam domain tersebut pada akhirannya (setelah tanda titik) disebut TLD atau TOP LEVEL DOMAIN.

Nah TLD itu ada banyak sekali sekarang ini, dulu TLD itu yang populer adalah .com .org .net .info dsb, tapi kini sudah ada .online .tech .xyz dan lain sebagainya

saya tidak akan panjang lebar menjelaskan pengertian domain secara teoritis, yang ingin saya sampaikan dan tekankan adalah Domain itu alamat sebuah situs/website. sudah paham kan?

Sekarang hosting, apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat dimana kita menyimpan data-data situs/website kita. Ibaratnya hosting itu kaya Hard Disk di laptop/PC kita, jadi data-data seperti artikel, foto, video, dsb tersimpan di dalam Hosting.

hosting website murah

Semakin besar keperluan penyimpanan website kita maka akan semakin besar juga kapasitas hosting yang kita sewa, biasanya kapasitas hosting yang disewa mulai dari 100MB hingga berGiga-giga, semakin besar semakin mahal pula biayanya.

Untuk menghemat tempat Anda bisa menyimpan foto atau video di tempat pihak ketiga (hosting lain) maksudnya seperti ini, anda ingin posting sebuah video di website anda, dan anda bisa upload video tersebut ke pihak ketiga (Youtube)

Maka video kita akan menggunakan hosting youtube sebagai tempat penyimpanannya, dan untuk menampilkan videonya, Anda hanya perlu menempelkan script embed video dari youtubenya.

Intinya Hosting itu adalah tempat menyimpan data website kita. Sudah paham kan?

Perumpamaan Hosting, Domain, dan Website sebagai rumah atau toko.

Nah tema ini yang saya gunakan untuk membuat postingan tentang pengertian domain dan hosting yang akhirnya berhasil memenangkan best content.

hosting dan domain ibarat rumah

Jadi Misal Anda punya rumah, dan rumah anda pastinya ada alamatnya bukan? misal jalan cendana no 32 jakarta selatan, dan alamat itu yang disebut domain (perumpamaan)

Lalu tanah tempat berdirinya rumah tersebut disebut Hosting (perumpamaan)

Kalau bangunan rumahnya apa? untuk bangunan rumahnya disebut Website.

Misal Anda ingin mendatangkan tamu/visitor ke rumah/website anda begini kira-kira percakapannya.

Anda : eh vi maen kerumah/website aku dong

Visitor : alamatnya dimana?

Anda : di jalan cendana no 32 jaksel (randasaputra.com)

Visitor : ok nanti gw mampir ya

Dan si visitor mengetikan nama domain di browser lalu masuk ke website randasaputra.com

Kira-kira seperti itulah perumpamaan domain dan hosting di kehidupan sehari-hari. sudah paham kan!

udah gitu aja,heeee… terima kasih sudah membaca sampai sini, mungkin dari tadi anda punya ekspektasi tinggi tentang tulisan ini karena saya tuliskan bahwa artikel seperti ini yang pernah memenangkan best content, tapi memang benar adanya hanya saja yang saya tulis disini hanya ringkasannya 😉

Saya sangat menghargai pencapaian anda hingga membacanya sampai sini  karena artinya anda ingin mengetahui lebih dalam soal hosting dan domain, dan semoga sekarang sudah paham ya ^_^

Sebagai apresiasi saya untuk anda, saya akan membuatkan artikel selanjutnya yang akan membahas tentang cara beli Domain dan Hosting cuman 18 Ribuan untuk masa setahun.

Sekarang bikin website anda sendiri bukanlah hal yang sulit bukan, Anda bisa beli domain dan hosting yang murah untuk awalan.

Caranya ditunggu di artikel selanjutnya ya ^_^

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *