Bikinnya Berdua Ngurusnya Berdua

Bikin apa ya berdua? terus ngurus apa? hmmmmm…. kali ini saya mau bahas soal anak, kebetulan istri saya lagi hamil trisemester kedua, jadi ya mesti rajin browsing sana browsing sini buat dapetin info-info seputar kehamilan, persalinan, ASI dan lain sebagainya.

Pola mengasuh anak yang benar

Dulu orang selalu beranggapan bahwa pola asuh pada anak dibedakan antara ayah dan ibu jadi yang bertugas ngurus anak itu ibunya, soalnya bapaknya sibuk sama kerjaannya buat cari nafkah. tapi itu pola yang salah banget menurut saya, karena sekarang zaman yang sudah modern ini yang berperan dalam mengasuh anak adalah kewajiban ayah dan ibunya. ayah nggak perlu gengsi buat ngurusin anak, soalnya sekarang juga udah ada ko komunitas-komunitas bapak-bapak yang peduli untuk “ngurus” anaknya.

salah satunya komunitas AYAH ASI, dimana ayah-ayah akan “memberikan” ASI buat anaknya, bukan ASInya si ayah Lho.. jangan salah tangkep, maksudnya ayah-ayah mensupport istrinya buat kasih ASI ekslusif selama 6 bulan buat anaknya dan terus dikasih ASI selama 2 tahun. kalo dari banyak info yang saya dapat, memberikan ASI itu nggak segampang yang dipikirkan, saya kira cuma kasih aja puting susu ibunya ke anak, tapi ternyata ada tekhniknya biar ASI terus produksi. dari berbagai info yang saya dapet selama seminar ataupun kelas di RS ada beberapa tips agar ASI bisa lancar.

Tips Agar ASI lancar

  • Program IMD (Inisiasi Menyusui Dini) langsung setelah melahirkan
  • Memeras susu saat payudara penuh dan disimpan di botol kaca
  • Berikan susu langsung kepada bayi (Skin to skin)
  • Tidak menggunakan DOT, karena akan membuat bayi “bingung puting”
  • Gunakan pipet, sendok atau gelas saat memberikan ASI, jika ibu sedang sibuk di kantor dan anaknya di asuh baby sitter.
  • Tidak memberikan susu formula kepada anak.
  • Dan yang paling penting adalah kemauan si ibu untuk mau terus memberikan ASI buat buah hatinya.

Barusan nonton video di youtube tentang ayah ASI, ya intinya Bikinnya berdua ngurusnya juga Berdua 🙂

nih Videonya



http://www.youtube.com/watch?v=1Wr9j4tkj4o

http://www.youtube.com/watch?v=xK5bvhJbPuA
semoga bermanfaat 🙂

Rekomendasi buat ayah dan ibu yang mau mendapatkan info penting seputar ASI

Photo Credit : parokilaurentiusbdg.org
Video Credit : Youtube.com

Incoming search terms:

  • download video ibu menyusui ayah
  • gambar ayah ibu dan anak
  • ayah ibu anak
  • ayah anak
  • ayah bikin susu anaknya
  • foto anak ayah dan ibu
  • foto ayah sama anak
  • foto ibu ngasih ASI ke pada anaknya
  • ibu ayah anak
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *