Belajar SEO : Rangkuman Materi SEO Untuk Pemula

Belajar SEO pemula samapai advance
Source: Five.Agency

Beberapa bulan ini seperti ketarik kembali untuk belajar SEO, walau sempat banyak kabar kalau SEO is dead, tapi semakin banyak orang yang malah mau belajar SEO. Dalam artikel ini saya hanya mau merangkum beberapa tempat dan materi pembelajaran SEO yang mungkin bisa anda gunakan kalau anda mau mempelajarinya. Tujuan utamanya hanya untuk rangkuman catatan pribadi saya, tapi semoga juga bisa bermanfaat untuk Anda ^_^

Saya pribadi tidak mengerti banyak soal teknis SEO, karena SEO seperti seni yang masing-masing orang itu beda cara bermainnya. Artinya bukan berarti satu tekhnik digunakan untuk 2 hal yang berbeda akan menghasilkan hasil yang sama, karena seperti yang kita ketahui kalau Google punya sekitar 200 faktor SEO yang sampai saat ini hanya Google dan Tuhan yang tahu.

Kalau Anda baru pertama kali dengar kata SEO (Search Engine Optimization) ? artinya Anda bisa baca dulu artikel Apa Itu SEO?

Ok langsung saja saya akan sharing rangkuman dari beberapa materi SEO yang bisa Anda gunakan sebagai referensi belajar SEO

Belajar SEO : List Rangkuman Materi

  • Sebagai Permulaan anda bisa baca panduan belajar SEO versi pdf nya dari Google di sini >> Search Engine Optimization Starter Guide
  • Untuk versi terbaru dan lengkapnya bisa baca Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO) dari Google Versi bahasa Indonesia atau versi Bahasa Inggris
  • Kalau mau yang lebih visual dan menurut saya lebih enak untuk dipelajari biasanya saya menggunakan panduan belajar SEO dari Backlinko.com >> The Definitive Guide of SEO
  • Atau juga bisa baca materi SEO dari neil patel (Quicksprout) untuk tingkatan pemula klik disini dan yang tingkat advance klik disini
  • Ada hal yang tidak kalah penting daripada soal teknik SEO, yakni MINDSET SEO yang bisa anda dapatkan insightnya dari buku “The Book of SEO” yang menjelaskan teknik dan mindset SEO yang sudah terbukti work, Anda bisa membelinya disini
  • Oia kalau anda merasa kesulitan dengan materi berbahasa inggris dan lebih suka belajar SEO versi bahasa indonesianya anda bisa baca panduan lengkapnya dari panduanim.com, materi SEO nya klik disini

Belajar SEO : Youtube Optimization

Ada banyak panduan SEO untuk youtube, tapi yang paling menarik untuk saya video panduan SEO youtube dari Brian Dean (Backlinko)

Untuk lebih detail belajar SEO : youtube optimization Anda bisa baca panduannya How to Rank Youtube Videos

Dari semua materi itu bisa Anda gunakan sebagai referensi, bisa mix antara panduan dari google, backlinko atau neilpatel. karena pada dasarnya garis besarnya sama, tinggal menyesuaikan dengan cara Anda sendiri. Karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa SEO itu seperti seni.

Anda bisa SHARE hanya bila dirasa bermanfaat ^_^

Last update: Desember 2017

Cara Mudah Tambah Saldo Facebook Ads Via ATM Bank Lokal – Lengkap Dengan Videonya

Belajar Facebook Ads saat ini memang jadi keharusan untuk seorang pebisnis online, gimana tidak para masta sekarang banyak yang beralih ke facebook ads karena potensi yang sangat besar ada disana.

Yang jadi masalah apa harus pakai Kartu Kredit?

Tenang sekarang main facebook ads bisa top up saldo pakai ATM ko, jadi nggak mesti pakai kartu kredit untuk bisa main facebook Ads.

Cara Isi Saldo Facebook Ads Via ATM Bank Lokal.

Yuk langsung saja, masuk ke halaman account ads manager anda

https://www.facebook.com/ads/manager

Klik di bagian pojok kiri atas, lalu akan muncul banyak pilihan, dan pilih billing & Payment methods

cara isi saldo fb as via atm 01

Pada payment method klik Add Money

cara isi saldo fb as via atm 01

Pilih ATM dan Bank Transfer, lalu continue

cara isi saldo fb as via atm 01

Masukan nominal yang ingin anda masukan sebagai saldo beriklan di facebook Ads, Kalau sudah klik Review Payment

cara isi saldo fb as via atm 01

Setelah di review pastikan saldo yang ingin anda top up sesuai dengan keinginan anda, kalau sudah klik “make payment”

cara isi saldo fb as via atm 01

Klik Continue untuk melanjutkan

cara isi saldo fb as via atm 01

Setelah itu akan muncul rincian invoice number top up anda dengan total order nominal yang ingin anda top up.

cara isi saldo fb as via atm 01

Scroll ke bawah dan klik GET PAYMENT CODE

cara isi saldo fb as via atm 01

 

Catat Kode pembayaran nya, kode pembayaran adalah angka unik yang akan dijadikan nomor tujuan transfer, jadi tidak akan sama setiap melakukan top up.

cara isi saldo fb as via atm 01

Segera lakukan pembayaran ke ATM terdekat, yang ada logo ATM BERSAMA, PRIMA atau ALTO.

cara isi saldo fb as via atm 01

Jika sudah saldo anda akan masuk ke akun  facebook ads anda

Tips :

  • Jika tidak muncul opsi transfer ATM, ada baiknya anda membuat akun baru, karena di aku baru anda baru akan bisa memunculkan pilihan Transfer ATM
  • Pastikan anda memasukkan nominal dan kode pembayarannya sesuai dengan yang diberikan facebook, kalau salah satu salah tidak akan berhasil top upnya, untuk mengingatnya anda bisa cek email, biasanya facebook memberikan rinciannya via email.
  • Lakukan Top Up pada hari kerja, jika di weekend rentan tidak masuk saldonya, tapi solusinya jika saldo anda tidak masuk anda bisa top up lagi di hari kerja berikutnya nanti saldonya akan masuk berbarengan.
  • Masa berlaku kode tersebut hanya 7 hari, tapi kalau bisa langsung segerakan saja.

Video Cara Top Up Saldo Facebook Ads Via ATM Bank Lokal

Jangan juga pelajari juga teknik COVERT SELLING untuk meningkatkan penjualan anda di facebook ^_^

Cara Install WordPress di Hosting Gratisan Hostinger

Setelah kemarin Anda beli hosting gratis dan domain murah di hostinger, sekarang saatnya install wordpress untuk memulai membuat website anda sendiri.

Cara Install WordPress di Hosting Gratisan Hostinger

Kenapa wordpress?

Mungkin sebagian anda sudah pada tahu kenapa kita lebih memilih untuk menggunakan wordpress sebagai platform website kita.

Yang pasti kalau saya pribadi sih karena pengalaman saat ini menggunakan wordpress sangat easy to use dan mudah untuk melakukan optimasi secara SEO (Search Engine Optimization).

Bagi yang belum pernah silahkan diikuti catatan ini karena kedepan saya akan memberikan penjelasan tentang feature apa saja dan bagaimana cara menggunakan wordpress khusus untuk pemula.

Oia satu lagi wordpress itu ada yang .com dan .org maksudnya apa? jadi yang wordpress.com itu platform blog gratisan yang kalau kamu gunakan hampir sama dengan blogspot, jadi misal saya membuat website via wordpress.com maka nama domain nya menjadi randasaputra.wordpress.com bisa saja menjadi randasaputra.com hanya saja perlu membeli domainnya di wordpress tersebut dan kelemahannya masih kurang bebas menggunakan wordpress.com dibandingkan dengan wordpress.org,

Nah yang .org itu yang mana? yang .org itu yang kita akan gunakan sekarang, jadi harus menggunakan hosting sendiri untuk menginstall wordpressnya.

Penjelasan tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org akan saya bahas di artikel yang berbeda.

Balik lagi ke cara install wordpress di hosting gratisan yang sudah dibeli kemarin yuk langsung saja kita eksekusi.

Setelah keamarin anda sudah punya akun dan domain yang anda beli di hotinger sudah aktif, sekarang langsung login dan masuk ke dashboard.

Di dalam dashboard , klik TAB Hosting dan klik nama domain yang kemarin anda beli, disini sebagai contoh saya menggunakan domain catatan100juta.xyzcara install worpress di hosting gratisan

Lalu pilih Auto Installer pada group Website

cara install worpress di hosting gratisan

Cari dan Pilih Platform WordPress

cara install worpress di hosting gratisan

Masukan username untuk login ke wordpress dan juga passwordnya, jangan lupa email yang valid karena untuk restore password jika lupa dan juga nama dan deskripsi website bisa diisi juga.

Jika sudah klik tombol “Install”

cara install worpress di hosting gratisan

Jika berhasil akan muncul keterangan seperti ini

cara install worpress di hosting gratisan

Artinya website anda sudah LIVE…

Mudah bukan!

Setelah ini tinggal anda isi kontennya dan jangan lupa untuk install plugin yang rekomend terlebih dahulu dan beberapa settingan agar website anda menjadi lebih SEO Friendly

Untuk tutorial menggunakan platform wordpress sebenarnya ada banyak diluar sana, tapi saya akan masukan ke dalam catatan saya diartikel selanjutnya agar anda mudah untuk mengikutinya ^_^

Ikuti terus catatan menuju 100 juta saya, biar nggak ketinggalan Anda bisa masukan email anda disini dan saya akan memberikan updatenya langsung ke email Anda.

So jangan sampai ketinggalan ya…!!!

Cara Beli Domain dan Hosting Kurang Dari 20RB

Sesuai janji saya kemarin saat memposting artikel apa itu domain dan hosting? saya akan membocoran cara membeli domain dan hosting hanya dengan modal kurang dari 20ribu.

Warning! Hanya untuk pemula yang ingin mencoba membuat website sendiri

Jadi berawal dari bingung mau beli domain dan hosting yang murah dimana, yang bikin bingung sih karena cuma ada budget 20 ribu. Heee… dan websitenya juga buat coba-coba.

Seinget saya waktu itu pernah beli domain TLD .xyz harganya $1 untuk register awal, pas di cek yeay harganya masih sama, tapi pas mau bayar ternyata harus pake Credit Card atau Paypal. yahhhhh….. T_T

Soalnya nggak punya CC, eh tapi mungkin saldo paypal masih ada, udah lama juga soalnya nggak dicek saldonya tapi kayanya masih ada sisa.heee… pas di cek alhadulillah bener ada sisa tapi cuma $0.67 jleb.. masih kurang. argkhhh….

Berarti solusinya adalah isi saldo paypal atau cari penyedia di indo yang bisa bayar transfer bank. isi saldo rada lama mesti cari yang punya saldo dulu, akhirnya coba cari-cari yang indo dulu aja kalo udah mentok baru beli saldo paypal.

Jreng…. yang di indo harga domain .xyz nya harga normal. Eh tapi ada beberapa yang kasih murah. alhamdulillah langsung di eksekusi tuh domain.

Begini cara saya beli domain yang harganya cuma 14 Ribu Perak ditambah biaya embel-embel jadi 18 Ribuan sudah  sama Hosting GRATIS

Pertama anda bisa buka link ini

lalu langsung saja lihat di sebelah kanan ada box “Mulai membuat website Anda dalam 30 Detik” lalu klik Mulai Sekarang ->

domain hosting nyaris gratis

Jika sudah pilih masa berlaku hosting bisa sampai 5 tahun gratis. ini bebas saja sih anda mau ambil berapa lama 🙂

hostinger gratis 03

lalu pilih domain yang diinginkan untuk di cek, coba dulu saja pakai yang TLD .xyz karena harga di tahun pertamanya hanya 14ribuan.

domain hosting nyaris gratis

Klik “CARI” dan cek apakah domain yang anda inginkan tersedia jika sudah langsung dipilih, dan lanjutkan ke checkout

domain hosting nyaris gratis

Pastikan untuk memilih masa aktif domainnya hanya 1 tahun untuk mendapatkan harga murah

domain hosting nyaris gratis

Jika sudah lanjut ke check out dan jika anda belum mndaftar lanjutkan sebagai Pengguna Baru

domain hosting nyaris gratis

Isi data sesuai dengan data anda jika sudah klik tombol Selanjutnya

Jika sudah Lanjut ke Checkout untuk masuk ke review pesanan Anda.

domain hosting nyaris gratis

Dan pastikan data email anda benar, dan juga pilih metode pembayaran, bisa transfer atau paypal.

jika sudah di centang agreementnya dan klik tombol Lanjutkan

domain hosting nyaris gratis

Maka anda akan dibawa ke halaman Invoice dimana anda  bisa segera membayar ke rekening yang dituju, jangan lupa melakukan konfirmasi pembayaran setelah transfer 🙂

Biasanya akun baru aktif 1×24 jam

Jika sudah Aktif anda bisa mulai membuat website anda  sendiri sekarang! caranya akan saya bahas di artikel selanjutnya ya ^_^

Yang pasti di artikel selanjutnya saya akan bahasterlebih dahulu Bagaimana cara menginstall WordPress di Hosting dan Domain Sendiri yang baru saja Anda beli.

P.S. Dalam artikel yang anda baca ini saya hanya share cara membelinya dan tidak merekomendasikan secara penuh atas pelayanan domain dan hosting tersebut, tapi cara ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang baru mencoba belajar untuk membuat website.

P.P.S Jika anda masih pemula dan ingin coba membuat website sendiri, saya merekemendasikan pelayanan ini untuk pembelajaran Anda, dikarenakan Hostingnya GRATIS

Apa itu Domain dan Hosting?

Sebenarnya saya tidak akan bahas soal teknik cara cari penyedia domain dan hosting yang bagus yang kaya apa atau beli domain hosting paling stabil dimana.

Bukan!!!!

Saya cuma mau bahas untuk sharing kali ini adalah pengertian domain dan hosting dengan penjelasan yang sederhana.

Mengapa saya mau bahas ini, padahal diluar banyak info tentang domain dan hosting yang lebih lengkap?

Seperti yang saya katakan di postingan saya yang sebagai pembuka catatan menuju 100 juta. Bahwa saya akan sharing apapun sekalipun itu hanya basic, gunanya apa? sebagai pengingat saya khususnya yang suka lupa 😛

Okey sekali lagi yang sudah paham bisa baca artikel yang lainnya saja ya, tapi kalau memang anda penasaran dengan penjelasan ala saya monggo dilanjutkan membaca artikel ini sampai selesai, karena yang saya tulis adalah artikel yang dulu pertama kali berhasil membuat saya menjadi pemenang kontes blog (Best Content)

Apa itu Domain dan Apa itu Hosting?

Domain adalah alamat sebuah website, misalnya www.randasaputra.com

pengertian nama domain

yang saya garis tebal randasaputra.com adalah domain website saya.

dalam domain tersebut pada akhirannya (setelah tanda titik) disebut TLD atau TOP LEVEL DOMAIN.

Nah TLD itu ada banyak sekali sekarang ini, dulu TLD itu yang populer adalah .com .org .net .info dsb, tapi kini sudah ada .online .tech .xyz dan lain sebagainya

saya tidak akan panjang lebar menjelaskan pengertian domain secara teoritis, yang ingin saya sampaikan dan tekankan adalah Domain itu alamat sebuah situs/website. sudah paham kan?

Sekarang hosting, apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat dimana kita menyimpan data-data situs/website kita. Ibaratnya hosting itu kaya Hard Disk di laptop/PC kita, jadi data-data seperti artikel, foto, video, dsb tersimpan di dalam Hosting.

hosting website murah

Semakin besar keperluan penyimpanan website kita maka akan semakin besar juga kapasitas hosting yang kita sewa, biasanya kapasitas hosting yang disewa mulai dari 100MB hingga berGiga-giga, semakin besar semakin mahal pula biayanya.

Untuk menghemat tempat Anda bisa menyimpan foto atau video di tempat pihak ketiga (hosting lain) maksudnya seperti ini, anda ingin posting sebuah video di website anda, dan anda bisa upload video tersebut ke pihak ketiga (Youtube)

Maka video kita akan menggunakan hosting youtube sebagai tempat penyimpanannya, dan untuk menampilkan videonya, Anda hanya perlu menempelkan script embed video dari youtubenya.

Intinya Hosting itu adalah tempat menyimpan data website kita. Sudah paham kan?

Perumpamaan Hosting, Domain, dan Website sebagai rumah atau toko.

Nah tema ini yang saya gunakan untuk membuat postingan tentang pengertian domain dan hosting yang akhirnya berhasil memenangkan best content.

hosting dan domain ibarat rumah

Jadi Misal Anda punya rumah, dan rumah anda pastinya ada alamatnya bukan? misal jalan cendana no 32 jakarta selatan, dan alamat itu yang disebut domain (perumpamaan)

Lalu tanah tempat berdirinya rumah tersebut disebut Hosting (perumpamaan)

Kalau bangunan rumahnya apa? untuk bangunan rumahnya disebut Website.

Misal Anda ingin mendatangkan tamu/visitor ke rumah/website anda begini kira-kira percakapannya.

Anda : eh vi maen kerumah/website aku dong

Visitor : alamatnya dimana?

Anda : di jalan cendana no 32 jaksel (randasaputra.com)

Visitor : ok nanti gw mampir ya

Dan si visitor mengetikan nama domain di browser lalu masuk ke website randasaputra.com

Kira-kira seperti itulah perumpamaan domain dan hosting di kehidupan sehari-hari. sudah paham kan!

udah gitu aja,heeee… terima kasih sudah membaca sampai sini, mungkin dari tadi anda punya ekspektasi tinggi tentang tulisan ini karena saya tuliskan bahwa artikel seperti ini yang pernah memenangkan best content, tapi memang benar adanya hanya saja yang saya tulis disini hanya ringkasannya 😉

Saya sangat menghargai pencapaian anda hingga membacanya sampai sini  karena artinya anda ingin mengetahui lebih dalam soal hosting dan domain, dan semoga sekarang sudah paham ya ^_^

Sebagai apresiasi saya untuk anda, saya akan membuatkan artikel selanjutnya yang akan membahas tentang cara beli Domain dan Hosting cuman 18 Ribuan untuk masa setahun.

Sekarang bikin website anda sendiri bukanlah hal yang sulit bukan, Anda bisa beli domain dan hosting yang murah untuk awalan.

Caranya ditunggu di artikel selanjutnya ya ^_^

Viral Marketing : 21 Cara Mudah Membuat Konten Berpotensi Menjadi Viral [Infographic]

Content is the King, yah konten memang menjadi raja dalam sebuah website atau blog.

Tapi walaupun kontent itu raja bukan berarti konten itu akan teroptimize dengan sendirinya, ada banyak hal yang bisa mendukung konten tersebut untuk bisa tersebar luas dan bisa dibaca banyak orang.

Tujuannya agar kontent yang sudah dibuat dengan susah payah bisa sampai kepada orang yang memang ditarget untuk membaca artikel tersebut.

Dan salah satu seorang pakar SEO, Brian Dean pemilik Backlinko membuat sebuah tips penting untuk memaksimalkan sebuah artikel dan bisa berpotensi menjadi viral artikel.

Dalam postingannya A Data-Driven Guide to Creating Viral Content [Infographic] dia membuat sebuah penjelasan 21 Cara Mudah Membuat Konten Berpotensi Menjadi Viral dalam bentuk Infographic.

21 langkah mudah membuat konten menjadi viral
Infographic by Backlinko.com

Bagaimana? jika kamu punya tips untuk membuat konten menjadi viral lainnya diluar 21 tips viral konten di atas silahkan tulis di komentar ya.