Cara Membuat Artikel Blog Yang SEO Friendly Untuk Pemula

Cara Membuat Artikel Blog Yang SEO Friendly itu susah susah gampang, sebenarnya hanya butuh terbiasa nanti juga kita bisa membuat artikel blog yang SEO Friendly dengan mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memposting artikel agar lebih SEO Friendly. Selama saya belajar SEO ternyata untuk membuat artikel yang SEO friendly itu tidaklah sulit. berikut point-point untuk membuat artikel blog kamu menjadi lebih SEO Friendly yang saya rangkum dari tipsnya Brian Dean 200 Google Ranking Factor dan pelajaran dari berguru SEO ke berbagai sumber.

cara membuat artikel blog yang seo friendly

10 Cara Membuat Artikel Blog Yang SEO Friendly Untuk Pemula

1. Title Mengandung Keyword

Pastikan keyword ada pada judul postingan kita, dan tidak berada di posisi paling belakang, contoh keyword yang berada di posisi paling belakang, keywordnya “Cara membuat Blog” judulnya “7 langkah penting yang harus diketahui dalam cara membuat blog”. Untuk yang berada di depan bisa disisipkan pembuka seperti 7 cara mudah, atau judul seperti yang ada di bawah ini.

cara membuat blog yang seo friendly

2. Meta Description Mengandung Keyword

Buat meta description yang mengandung keyword, tidak perlu stuffing tetap natural dan relevant.

cara membuat blog yang seo friendly

3. Keyword yang di setting H1, H2, dan H3 tag

H1 atau headline harus mengandung keyword, tidak perlu semua minimal 1 keyword dengan format H1. Contoh Judul pada postingan di artikel 7 menit cara mudah membuat website atau blog untuk pemula sudah tersetting H1, jika tidak tinggal di buat H1 tag di dalam artikelnya

cara membuat blog yang seo friendly

jika memungkinkan setting keyword untuk H2 dan H3, jika tidak memungkinkan karena artikel tidak terlalu banyak, point ini bisa jadi optional saja.

cara membuat blog yang seo friendly

cara membuat blog yang seo friendly

4. Bold, Italic, Underline Keyword

Keyword ada yang di Bold, italic, dan underline. untuk urutannya bebas.

5. Panjang Kontent Minimum 2000 kata

yang ini optional sih karena di indonesia jarang artikel yang panjangnya lebih dari 2000 kata. setahu saya minimum 300 kata juga sudah cukup untuk membuat artikel yang SEO friendly, walo makin banyak makin bagus tentunya.

panjang artikel dalam mebuat artikel blog yang seo friendly

6. Jangan Terlalu banyak dofollow link keluar

usahakan tidak terlalu banyak link keluar, atau jika ada yang Link keluar pastikan disetting nofollow.

7. Internal Linking

Pastikan setiap artikel ada 1 link yang mengarah ke atikel lainnya yang ada di blog tersebut. ini untuk membantu memperkuat struktur internal link

8. Permalink disetting judul artikel

Pastikan URL postingan mengandung judul artikel, cara setting di wordpress.

cara setting permalin k wrodpress yang seo friendly

 

Lalu custom struktur permalinknya dengan /%category%/%postname%/ atau /%postname%/

cara setting permalink di wordpress

contoh permalink yang mengandung keyword

contoh permalink yang seo friendly

9. Alt Tag Pada Gambar

Google tidak bisa membaca gambar, fungsi dari alt tag sebagai keyword atau anchor text pada gambar, jadi sebisa mungkin setiap gambar diberi alt tag dan mengandung keyword.

alt image pada gambar untuk keyword

10. Internal Link Ke Artikel itu Sendiri

salah satu keyword di link ke URL postingan itu sendiri, dan gambar yang ada di postingan tersebut juga disetting nge-Link ke postingan itu sendiri

cara membuat blog yang seo friendly

Saya rasa 10 points Cara Membuat Artikel Blog Yang SEO Friendly Untuk Pemula tersebut sudah bisa membuat Artikel Blog kita lebih SEO Friendly. sebenarnya masih banyak tips lainnya karena SEO itu art, jadi melakukan hal yang sama tidak akan memberikan hasil yang sama pula. banyak juga yang berhasil dengan tekhnik lainnya. jadi jangan ragu untuk berekperimen ya.

Yuk bikin artikel blog kamu jadi lebih SEO friendly 🙂