Gita Wirjawan Apa Adanya

gagasan gita“We’re bigger than what we think we are” ada yang tahu dengan kata-kata tersebut? Kalo yang pernah nonton film Winnie The Pooh pasti tahu dengan kalimat tersebut. Yah, saya dapat kata-kata tersebut ketika saya membuka situs http://www.gitawirjawan.com , salah satu situs resmi Gita Wirjawan yang saya telusuri karena penasaran dengan sosok pria yang ada di homepage kaskus beberapa waktu lalu.

Homepage kaskus? Yup beberapa waktu lalu kalo kamu buka homepage kaskus pasti langsung lihat seorang pria tersenyum di atas list Hot thread.

Pas lagi buka kaskus sering “dilihatin” sama pria tersebut terus saya jadi penasaran deh dan mencari tahu siapa pria itu.

Ternyata seorang Gita Wirjawan yang merupakan menteri perdagangan Rebulik Indonesia juga belajar dari Winnie the pooh, “We’re bigger than what we think we are” atau “Kita lebih besar dari apa yang kita pikirkan” kata-kata tersebut selalu diingatnya ketika beliau berada pada masa-masa sulit saat bertahan hidup dan meneruskan kuliahnya di Amerika Serikat. Karena pada saat itu keadaan ekonomi keluarganya agak tergoncang dengan kondisi ayahnya yang sudah harus pensiun dan hanya mampu memberikan bekal kepadanya tidak lebih dari seperempat biaya kuliah disana.

Gita Wirjawan Dengan Sosok Apa Adanya

gita wirjawan kecilGita Irawan Wirjawan adalah nama panjangnya, beliau merupakan Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Putra dari pasangan Wirjawan Djojosoegito (alm.) dan Paula Warokka Wirjawan ini lahir di Jakarta pada tanggal 21 september 1965. Kehidupan kecil Gita Wirjawan sama seperti anak-anak kecil lainnya, masih suka bandel, jarang mandi, nyeker (jalan tanpa alas kaki), dan tingkah laku anak-anak pada umumnya.

Nama Gita tercetus karena orang tuanya mengharapkan anak bungsu dari lima bersaudara itu terlahir seorang perempuan, alhasil orang tuanya menyiapkan nama perempuan untuknya, dan ternyata tuhan punya rencana lain, ternyata anak bungsu dari pasangan Wirjawan Djojosoegito (alm.) dan Paula Warokka Wirjawan tersebut adalah laki-laki, akhirnya diberikanlah nama “Gita irawan Wirjawan”.

Sejak kecil Gita mempunyai cita-cita untuk jadi seorang senimanm Menghabiskan masa kecil di Indonesia dan meneruskan kehidupan remajanya di Bangladesh bersama keluarganya, kala itu ayahnya ditugaskan sebagai perwakilan Indonesia di WHO dibidang kesehatan masyarakat.

Pecinta Musik dan Olahraga

gita wirjawan remajaDua hal yang paling dicintai Gita Wirjawan adalah Musik dan olahraga, Gita memang sangat senang dengan olahraga basket, bulutangkis, renang, hingga sepak bola. Pernah menjadi juara di beberapa kompetisi bulutangkis lokal di India membuat beliau patut dibanggakan, karena ketekunannya dan kesenangannya dalam bulutangkis juga bisa dilihat dari  Prestasi Badminton Indonesia yang telah menunjukan prestasi dalam pimpinan Gita Wirjawan di PBSI.

Pria berdarah Jawa-Manado ini juga sangat menyukai musik jazz, beliau senang menikmati musik-musik Earl Klugh, Wes Montgomery, Brubeck, Duke Ellington, dan pemain musik handal si raja jazz Miles Davis. Kecintaannya akan musik sebenarnya seperti sebuah kebetulan, karena sejak ia berumur 13 tahun, ayahnya memintanya untuk belajar piano klasik, padahal sebelumnya beliau sama sekali tidak tertarik dengan musik.

Dari Musik ke Ekonomi

Kecintaannya Beliau terhadap musik membuat mata kuliah tersebut dipelajarinya di amerika sebagai mata kuliah utama bersama dengan mata kuliah matematika yang juga menjadi kegemarannya. Tapi hal itu tidak sejalan dengan cara berfikir ibunya yang tidak ingin anaknya tersebut menekuni musik karena dalam mencari kerja dengan bekal belajar musik akan mempersulitnya mendapatkan pekerjaan dengan mudah, alhasil beliau harus mengambil kuliah ekonomi, beliau mengambil kuliah ekonomi dan mendapatkan Bachelor Degree in Accounting (BBA) di University of Texas, Austin, Amerika Serikat pada tahun 1988, lalu ia meneruskan sekolahnya di  Baylor University, Amerika Serikat mengambil Master of Business Administration pada tahun 1989. Dilanjutkan dengan tahun 2000 Gita Wirjawan meraih gelar Master of Public Administration (MPA) di Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat.

Dari Pembersih Toilet Hingga Jual Kulit Ular

Sejak ayahnya pensiun biaya untuk kuliahnya di Amerika tidak cukup, karena itu Gita Wirjawan yang tangguh dan Berani Lebih Baikmengambil keputusan untuk mencari pekerjaan sampingan disela-sela waktu kosong kuliahnya. beliau pun tidak malu untuk bekerja sebagai pembersih toilet, supir, pencuci piring di restoran, hingga menjual kulit ular. Selain itu beliau juga menyempatkan dirinya untuk memberi les piano di sela liburan kuliah, dan dari sinilah beliau akhirnya menemukan jodohnya. Cucu dari pahlawan Otto Iskandar Dinata, Yasmin Stamboel yang kini menjadi istrinya.

Gita Wirjawan Sekarang

gita wirjawan apa adanyaGita yang berhasil menjabat sebagai komisaris Independen di PT Pertamina (Persero) mengawali karirnya sebagai Corporate Finance di PT Bahana Securities, anak perusahaan dari PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Kejelian gita mengambil alih perusahaan sekuritas membuahkan hasil yang membuat dirinya sukses dan menjabat sebagai ketua kepala badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak November 2009. Dan kini beliau adalah seorang Menteri Perdagangan RI. Dengan slogan “Berani Lebih Baik” membuat Gita Wirjawan berani untuk mencalonkan dirinya untuk menjadi Presiden RI pada Pemilu 2014.

Empat Strategi Utama Untuk Indonesia

Gita Wirjawan berencana menerapkan strategi-strategi dalam Bidang Ekonomi, Politik & Pemerintahan, Hubungan Internasional, Pendidikan & Kebudayaan, dan Bidang Hukum. Dalam semua sektor tersebut dengan tegas beliau mengungkapkan empat strategi utamanya untuk diterapkan dan diharapkan akan membuat Indonesia menjadi lebih baik seperti slogannya Berani Lebih Baik, empat strategi tersebut yakni,

  1. Memperbaiki kualitas demokrasi.
  2. Meningkatkan kekuatan ekonomi yang kental dengan pemerataan.
  3. Menempertahankan kekayaan budaya.
  4. Memperkuat kemahiran ilmu dan teknologi bangsa dan negara.

Dengan apa adanya Gita Wirjawan ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia, demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera secara merata dan adil serta Indonesia yang berkualitas. Gita Wirjawan Sebagai presiden RI selanjutnya? Patut dipertimbangkan 🙂

Credit
Photo and Referensi Artikel : www.gitawirjawan.com dan www.ayogitabisa.com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *