Google Adwords Bukan SEM!

Kalo lagi dikantor, selalu ditanyain gimana report SEMnya? SEM? perasaan saya megang Google Adwords. nah banyka persepsi orang kalo SEM itu adalah Google Adwords, ternyata salah yang benar itu Google Adwords adalah bagian dari SEM jadi penyebutan Google Adwords bukan SEM melainkan PPC.

memang SEM itu apa sih? SEM atau Search Engine Marketing adalah salah satu channel marketing yang menggunakan search engine sebagai wadahnya. nah si SEM itu terdiri dari 2 jenis yakni SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay Per Click) bedanya SEO itu gratis dan alami sedangkan PPC itu berbayar.

google adwords itu PPC

Salah satu PPC yang sering digunakan adalah Google Adwords, karena kalo kamu pasang iklan di google adwords, iklan akan muncul sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

Perbedaaan SEO dan PPC

kalo kamu ingin me-marketing-kan situs kamu lewat SEM, kamu juga perlu tahu perbedaan SEO dan PPC, karena kedua hal tersebut memiliki tujuan yang sama tetapi cara dan proses yang berbeda.

SEO PPC
– Gratis – Berbayar
– Prosesnya butuh waktu – Prosesnya lebih cepat
– Hasilnya jangka Panjang – Hasil jangka pendek
– Butuh banyak konten – Butuh sedikit konten
– Hasilnya nunggu lama – hasilnya langsung keluar
– tidak terlalu mudah di analisis – mudah di analisis
– harus mengikuti trend algoritma – hanya mengikuti TOS yang ada

Persamaannya :

Sama-sama Berfungsi memunculkan situs di hasil pencarian dengan kata kunci yang ditentukan.

Kalo ada yang mau ditambahkan atau ditanyakan bisa lewat komentar di bawah, atau jika kamu ingin me-marketing-kan situs kamu via SEM, kamu bisa email ke randasaputra@gmail.com dengan subject Butuh SEM, 🙂

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *