Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Rumah Subsidi Bandung. Apa Saja Sih?

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Rumah Subsidi Bandung (Pixabay)
(Photo: Pixabay)

Dari segi harga, beli rumah subsidi Bandung tentu lebih murah daripada membeli rumah non-subsidi.

Namun, jika dilihat dari faktor lainnya, apakah benar membeli rumah subsidi Bandung jauh lebih menguntungkan bagi masyarakat?

Bandung memang terkenal sebagai salah satu kota dengan harga properti termahal di Indonesia. Hal ini wajar, mengingat Bandung sendiri memiliki potensi investasi properti yang menggiurkan.

Sama halnya dengan kota-kota lainnya di Indonesia, masalah ketersediaan perumahan murah di Bandung juga mengkhawatirkan.

Banyak orang, terutama masyarakat berpenghasilan rendah, tidak lagi dapat membeli rumah di Bandung.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui program Satu Juta Rumah menawarkan solusi berupa kredit perumahan bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki tempat tinggal pribadi.

Lantas, apa sih perbedaan rumah subsidi dan rumah yang selama ini kita ketahui?

Cari tahu penjelasannya di bawah ini, ya.

Beda rumah subsidi dan non-subsidi

Pada dasarnya, rumah subsidi Bandung serupa dengan rumah-rumah subsidi yang ada di kota lain.

Secara umum, kredit perumahan raykat (KPR) subsidi merupakan kredit kepemilikan rumah yang menargetkan masyarakat penghasilan menengah ke bawah, dengan jaminan suku bunga yang rendah.

Sedangkan KPR non-subsidi merupakan kredit kepemilikan rumah yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat, tanpa syarat tertentu, serta pengkreditannya mengikuti suku bunga yang ada.

Sehingga, bisa dikatakan KPR subsidi itu memiliki nilai cicilan yang flat atau tetap, sedangkan KPR non-subsidi memiliki cicilan dengan bunga efektif atau terus naik.

Untuk harganya sendiri, rumah subsidi tentu ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga rumah yang ada di pasaran saat ini.

Di bandung sendiri, harga rata-rata rumah tapak kelas kecil-menengah sudah mencapai Rp300 juta-an sampai Rp800 juta-an lebih.

Sedangkan harga rumah subsidi Bandung hanya berkisar Rp130 juta-an sampai dengan Rp200 juta.

Harga rumah subsidi Bandung bisa saja berbeda dari daerah lainnya. Menurut data di tahun 2018, harga untuk rumah subsidi di Pulau Jawa dan Sumatera berkisar Rp130 juta-an.

Adapun pulau Kalimantan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Sulawesi masing-masing Rp142 juta dan Rp136 juta per unitnya.

BACA JUGA:  Mencari Lingkungan Rumah Baru

Sementara itu, harga untuk pulau Maluku, Maluku Utara, Bali, Nusa Tenggara dan Jabodetabek mencapai Rp148,5 juta. Sedang, Papua dan Papua Barat dipatok Rp205 juta.

Apabila dilihat dari harga dan skema pembayarannya, sepertinya membeli rumah subsidi Bandung cukup menjanjikan ya untuk dilakukan.

Namun, kembali ke pertanyaan awal tadi, apakah benar membeli rumah subdisi Bandung lebih semenguntungkan itu?

Baca dulu penjabaran berikut ini, ya.

Untung-rugi beli rumah subsidi Bandung

Untung-rugi beli rumah subsidi Bandung (Pixabay)
(Photo: Pixabay)

Urusan membeli rumah memang susah-susah gampang, banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses pembelian rumah.

Sebagai pembeli kita tentu ingin mendapatkan keuntungan dalam membeli barang apapun. Agar terhindar dari kerugian, yuk ketahui dulu untung-rugi membeli rumah subsidi Bandung di bawah ini.

Keuntungan beli rumah subsidi Bandung:

– Harga dan DP ringan

Soal harga, kita sudah sama-sama bersepakat, bahwa membeli rumah subsidi Bandung jauh lebih murah dan menguntungkan daripada membeli rumah non-subsidi yang harganya sudah terlampau tinggi.

Harga yang murah dan DP (uang muka) yang ringan memang menjadi keunggulan dari rumah subsidi.

Karena harga rumahnya sudah murah, maka DP yang dikenakan untuk rumah tersebut juga cukup ringan, yaitu rata-rata Rp5 juta – Rp10 juta-an, bahkan lebih rendah.

Selain itu, untung meringankan pembayaran uang muka, beberapa pengembang memberikan kemudahan berupa cicilan DP lho, untuk calon pembelinya.

Menarik sekali, bukan?

– Cicilan ringan

Yang satu ini juga digadang-gadang sebagai salah satu keuntungan jika kamu membeli rumah subsidi Bandung.

Iya, rata-rata cicilan pembayaran rumah subsidi hanya dikenakan biaya sebesar Rp1 juta-an per bulan, bahkan kurang dari itu.

Tidak sampai sampai di situ saja, bunga yang ditawarkan juga bersifat flat atau tetap, sehingga kamu tidak perlu khawatir adanya kenaikan suku bunga ketika proses cicilan KPR berlangsung.

– Persyaratan mudah

Meski dikenakan sejumlah persyaratan dalam mengajukan rumah subsidi Bandung, namun persyaratan tersebut terbilang mudah dan enggak ribet kok, di antaranya:

  1. WNI dan berdomisili di Indonesia
  2. Minimal usia 21 tahun atau sudah menikah
  3. Belum pernah menerima fasilitas subsidi perumahan
  4. Memiliki NPWP dan SPT tahunan PPh pribadi
  5. Maksimal penghasilan Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk cicilan rumah susun
BACA JUGA:  Model Minimalis Untuk Design Rumah Sederhana

Nah, untuk persyaratan maksimal gaji, nampaknya akan ada sedikit perubahan nih, teman-teman.

Seperti dilansir CNBC Indonesia, pada tahun ini pemerintah akan mengganti batas maksimal gaji tersebut, dari yang tadinya Rp4 juta menjadi Rp8 juta.

Hal ini dimaksudkan, agar aparatur sipil negara (ASN) dan anggota TNI-Polri juga dapat menikmati fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari pemerintah.

Wah, kabar baik nih, buat warga Bandung yang memiliki gaji Rp4 juta ke atas. Hehe.

Kerugian beli rumah subsidi Bandung:

­– Lokasinya yang jauh

Sayangnya, di balik segala keuntungan yang telah kita sebutkan di atas, ada kelemahan yang tersimpan jika kita memilih rumah subsidi Bandung sebagai hunian.

Satu hal yang paling terasa adalah, perumahan bersubsidi biasanya dibangun jauh dari pusat kota. Wajar saja, mengingat harga tanah dipinggiran kota lebih terjangkau dari harga tanah di pusat Kota Bandung.

Rumah subsidi Bandung sendiri banyak berlokasi di wilayah Bandung Timur, Bandung Selatan, hingga Kabupaten Bandung, yang notabenenya jauh dari pusat kota.

Akan tetapi, lokasi-lokasi tersebut sekarang malah menjadi lokasi primadona bagi para investor untuk menanamkan modalnya, lho. Sehingga, prospek dari rumah tersebut dapat dikatakan cerah!

Beberapa wilayah bahkan sudah memiliki akses tol dan transportasi umum, sehingga memudahkanmu untuk menuju ke pusat Kota Bandung.

– Spesifikasi rumah dan kualitas bahan bangunan

Ada harga tentu ada barang, sayangnya, hal tersebut juga berlaku dalam membeli sebuah hunian.

Harga rumah yang ditawarkan oleh rumah subsidi Bandung, nampaknya mempengaruhi kualitas bangunan yang dipakai pada rumah tersebut.

Selain itu, rumah subsidi biasanya hanya dilengkapi dengan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. Adapun dapur (tempat cuci piring) biasanya ditempatkan di halaman belakang, tanpa atap dan sekat.

BACA JUGA:  Mencari Rumah Hunian Idaman Bergaya Minimalis

Apabila kamu ingin meng-upgrade rumah tersebut, maka dikenakan biaya ekstra yang jumlahnya juga cukup besar, yaitu rata-rata mencapai Rp50 juta – Rp80 juta-an, tergantung kebijakan pengembang.

Varian tipe rumah yang bisa dipilih juga tidak banyak. Untuk kelas rumah subsidi, tipe rumah yang disediakan hanya tipe rumah 36, dengan luas lahan hanya 60 meter persegi saja.

Setelah membaca fakta untung-rugi seputar rumah subsidi Bandung, apakah kamu masih berminat untuk memiliki rumah tersebut?

Saran saya, apapun pilihanmu, antara rumah subsidi dan non-subsidi, tetap sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan serta kemampuanmu, ya.

Agar terhindar dari segala kecurangan yang dilakukan oleh para pengembang nakal, berikut cara mudah dan aman mencari rumah subsidi Bandung untuk kamu.

Manfaatkan situs jual beli rumah

Manfaatkan situs jual beli rumah (Pixabay)
(Photo: Pixabay)

Saat ini, banyak sekali kejadian penipuan yang dilakukan oleh para pengembang perumahan nakal yang merugikan calon konsumennya.

Alih-alih harga rumah murah, para pembeli malah mengalami kerugian finansial akibat ketidakprofesionalan para pengembang perumahan ini.

Berbagai kasus malaadministrasi pun terjadi, mulai dari kasus pengembang yang kabur, sampai dengan rumah yang dibangun jauh di bawah standar.

Agar terhindar dari segala risiko tersebut, belilah rumah subsidi melalui sumber yang terpercaya, seperti situs jual beli rumah 99.co Indonesia di https://www.99.co/id

Caranya gampang, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengetik kalimat “beli rumah subsidi Bandung” pada kolom pencariannya situs tersebut.

Nantinya, akan keluar sejumlah listing yang memperlihatkan iklan rumah subsidi Bandung yang dapat kamu bandingkan satu-persatu, mulai dari harga, spesifikasi bangunan, fasilitas umum, dan lain-lain.

Tidak hanya sampai di situ, melalui situs 99.co Indonesia kamu juga bisa menghitung cicilan KPR menggunakan fitur kalkulator KPR yang terdapat pada situs tersebut, lho.

Keren, kan? Oleh sebab itu, gunakan situs 99.co Indonesia untuk segala kebutuhan propertimu, ya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...