8 Pekerjaan Seru Yang Hanya Ada di Era Digital, Yang Nomor 4 Anak Kecil Juga Tahu

Pada suatu hari dipagi yang cerah, olahraga di depan rumah adalah hal yang menyenangkan, hari itu hari selasa orang-orang lewat lalu lalang ada yang mengantar anaknya sekolah, ada yang berangkat kerja, ada juga yang jualan keliling kampung.

Tiba-tiba tetangga rumah berpapasan dengan saya yang lari bolak balik depan rumah, lalu dia bertanya “Masih libur mas?”

Mendengar pertanyaan itu saya cuma bisa senyum-senyum sambil manggut untuk meng-iya-kan pertanyaannya. Dalam hati bukannya libur, emang karena kerjanya di rumah. Heeee….

Keseruan hidup di era digital ini, bukan hanya dari segi kemudahan yang disuguhkan oleh perusahaan digital atau startup yang semakin berkembang, Semisal gojek, tokopedia, shopee, traveloka dan aplikasi lainnya, tapi juga kemudahaan dalam bekerja, baik kerja kantoran maupun kerja di rumah.

Yup kerja kantoran pun juga menyenangkan, dengan era digital sekarang ini banyak perusahaan yang menyulap interior desain kantornya menjadi lebih casual dan nyaman tidak “sekaku” kantor zaman dulu.

Selain kerja di kantor ada banyak pekerjaan di era digital ini yang memungkinkan kita untuk bekerja remote dari rumah. Seru kan!

Saya sendiri di rumah jualan produk fashion buatan lokal aseli Indonesia, ada jaket, blouse, gamis, sepatu dan masih banyak lagi. Dan jualannya pun via online jadi nggak perlu buka gerai atau toko di mall atau pasar, tinggal modal laptop dan koneksi internet saya sudah punya toko online sendiri.

Ngomong-ngomong soal internet sangat relevan dengan era digital yang sekarang ini apapun bisa di digital kan, pengguna internet di Indonesia pun sangat banyak.

Menurut data dari Hootsuite per Januari 2018 saja dari total populasi di Indonesia sebesar 265,4 juta penduduk, 132,7 juta atau 50% nya tercatat sebagai pengguna Internet, dengan 130 juta atau 49% nya aktif di media social

Karena itulah beberapa orang melihat peluang ini untuk memberikan solusi untuk kemudahan para pengguna internet dalam menjalankan kehidupannya. misal mau kemana-mana nggak ribet tinggal pesen gojek, laper tinggal pesen makan via go-food, atau misalnya cari informasi lokasi toko  bisa Tanya google, bahkan mau cari referensi traveling pun bisa cari di Google.

Pokoknya semuanya sangat mudah dan cepat.

Balik lagi ke soal keseruan hidup di era digital yang memberikan banyak peluang kerja dan usaha yang seru dan menyenangkan, saya mau share beberapa pekerjaan yang hanya bisa di temukan di Era digital saja.

8 Pekerjaan Seru Yang Cuman Ada di Era Digital

Social Media Specialist

Siapa yang menyangka main facebook, Instagram bisa jadi pekerjaan. Mungkin biasanya kalau dirumah orang tua yang liat anaknya main facebook terus bisa-bisa diomelin karena cuman buang waktu saja, tapi ternyata main facebook dan social media lainnya itu juga pekerjaan lho.

BACA JUGA:  Cerita Motivasi : Lalat dan Semut

Social media specialist bertugas untuk memanage akun social media sebuah perusahaan, misal facebook, Instagram, google plus, dan lain sebagainya. Bukan hanya untuk update status tapi pekerjaan ini juga dituntut bisa menganalisis postingan seperti apa yang bagus dan kapan postingan itu efektif untuk di post, dan yang pastinya bisa achieve goals perusahaan seperti jumlah follower atau like, atau juga jumlah engagement yang terjadi dalam postingan di social media.

Sebagai social media specialist juga bertugas untuk membuat planning dan strategy baik dalam 1,3,6 bulan kedepan tentang apa yang akan dilakukan dari sisi / channel social media untuk bisa mencapai goals yang ingin dicapai.

SEO Specialist


SEO atau search engine optimization adalah salah satu cara untuk membuat website bisa muncul di halaman pertama pencarian google dengan kata kunci tertentu. Tujuannya tidak lain untuk bisa mendatangkan pengunjung ke website secara organic (gratis).

Sebagai contoh gambar di atas website domainesia.com muncul di halaman pertama untuk pencarian kata kunci Cloud Web indonesia.

Saat ini banyak perusahaan digital yang mencari orang yang bisa mengerjakan SEO, karena tekhnik SEO ini dipercaya bisa memberikan benefit jangka panjang.

SEM / PPC Manager


SEM atau Search Engine Marketing bisa disebut untuk orang yang kerjaannya memasang iklan di google ads, fungsinya hampir sama dengan pekerjaan SEO hanya saja untuk yang SEM ini butuh budget untuk memasang iklan di Google.

Tugasnya selain bisa memasang iklan melalui google ads juga harus bisa menganalisis hasil dari setiap campaign.

Termasuk dalam strategy paid marketing yang notabene memerlukan budget untuk bisa menjalankan campaignnya.

Jadi selama budget ada, maka website perusahaan bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, kalau budget habis ya tidak ada lagi, makanya kalau SEM ini untuk campaign jangka pendek dan menengah.

Blogger

Pernah nyangka gak sih Raditya dika yang sekarang terkenal dan sukses dengan buku dan filmnya itu dulunya adalah seorang blogger.

Blogger juga bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan, ada yang membuat blog untuk diisi cerita pengalaman mereka selama traveling, ada juga yang membuatnya sebagai jurnal resep masakan, pengalaman kuliner, review segala macam gadget dan lain sebagainya.

Pekerjaan blogger hampir sama seperti media digital lainnya seperti kompas, detik, kumparan dan lain sebagainya, yakni memberikan informasi yang bermanfaat dan biasanya informasi berupa tulisan yang dipercantik dengan gambar atau ditambahkan video.

Untuk memulai menjadi blogger sangatlah mudah, yang pasti kamu harus punya blog terlebih dahulu, bisa memulai dengan yang gratisan menggunakan blogspot atau wordpress, atau kalau mau yang lebih serius lagi kamu bisa pakai domain sendiri, jadi nama blognya bukan namakamu.blogspot.com tapi namakamu.com modalnya pun nggak mahal, dengan budget di bawah 350rb per tahun kamu bisa buat blog kamu sendiri.

BACA JUGA:  Mengenal Google Adwords

Kalau untuk pemula bisa cari hosting murah dulu untuk awalan dan untuk tutorial cara buat blognya kamu bisa baca ulasan lengkapnya di artikel ini Cara membuat blog

Youtuber


Sudah bukan rahasia lagi Atta Halilintar dan Ria Ricis menjadi anak muda yang kaya raya dengan penghasilan yang bukan sejuta dua juta seratus juta lagi tapi mungkin bisa mendapatkan penghasilan milyaran rupiah perbulannya.

Dengan subscriber lebih dari 5 juta dan setiap video mereka selalu ditonton lebih dari 1 juta viewers pastinya semakin tebal juga pundi-pundi keuangan mereka, karena penghasilan mereka selain dari adsense juga banyak dari Endorsement produk tertentu dengan bayaran yang tidak murah juga pastinya. Makanya sekarang ini banyak anak-anak muda bahkan anak kecil pun yang ingin menjadi youtuber, karena pekerjaan mereka terlihat mudah dan menyenangkan, walaupun kebenarannya butuh proses, kesabaran, dan juga kreatifitas tentunya.

Youtuber bisa menjadi sebuah pekerjaan, pastinya selama serius dan konsisten untuk membuat video yang menarik atau disebut sebagai content creator. Ibaratnya sekarang kalau mau punya “acara TV” sendiri tinggal buka akun youtube, buat channel, modal camera dan BOOM kamu bisa buat “acara TV” kamu sendiri, tapi terlepas dari berapa banyak orang yang nonton itu tergantung dari promosi yang kamu lakukan ya ^_^

Buzzer / Influencer

Punya follower di facebook atau instagram puluhan sampai ratusan ribu bahkan jutaan? Ini adalah peluang. Ko peluang? Karena kamu bisa terus fokus membuat konten baik itu artikel, foto, video yang menarik dan bikin banyak orang mau membaca atau menontonnya.

Dengan jumlah follower kamu yang banyak itu pastinya akan ada banyak tawaran endorsement yang akan menjadikan “pekerjaan” kamu untuk membuat akun social media kamu semakin ramai dengan pembaca ataupun penonton bisa menghasilkan uang.

Semakin besar follower kamu dan semakin berpengaruh setiap postingan kamu di social media terhadap masyarakat maka semakin mahal pula bayaran kamu dari para pemilik brand yang menginginkan kamu untuk mempromosikan produk mereka.

Jualan Online

Bingung cari kerja dimana-mana gak dapet, terus mau buka usaha saja? Kamu bisa memulainya dengan berjualan online. Dengan modal yang masih terjangkau kamu bisa jualan produk apapun bisa lewat marketplace, facebook page, atau buat toko online sendiri (baca Tutorial Cara Mudah Buat Toko Online Sendiri Tanpa Harus Pintar Koding >> disini).

Semuanya bisa dikerjakan dengan mudah, cuman untuk bisa mendapatkan untung yang besar itu tergantung dari usaha kamu juga ^_^

Yang paling penting pekerjaan ini tidak membutuhkan kamu untuk menyewa ruko atau toko karena kamu bisa mengerjakannya mulai dari rumah kamu sendiri, karena semua prosesnya dilakukan via internet / online. Seru kan!

BACA JUGA:  SEO Checklist Untuk Website Baru

Freelancer

Ada banyak cara untuk bekerja sebagai freelancer, seperti join di beberapa website yang mempertemukan antara freelancer dan pemberi project misalnya freelancer, upworks, sribulancer, dan lain sebagainya.

Atau bisa jadi penulis lepas disebuah media online tertentu, ada juga yang bisa menjadi content writer dengan sistem freelance. Intinya pekerjaan dengan sistem freelance kini semakin mudah ditemukan di era digital ini.

Kantor Perusahaan Era Digital

Itu dia 8 pekerjaan seru yang cuman ada di kehidupan era digital, seru kan! Dan penting untuk dipahami bahwa semua pekerjaan di atas tidak akan bisa berjalan bila tidak ada internet 😀

Ngomong-ngomong tadi sempat saya singgung beberapa perusahaan di era digital ini yang mulai membangun kantor dengan desain interior yang casual dan nyaman, yang bikin karyawannya bisa bekerja dengan nyaman dan yang pastinya diharapkan bisa lebih produktif.

Mungkin sejenak kita intip yuk beberapa kantor dengan desain yang casual yang bikin karyawannya semakin betah untuk berlama-lama di kantor, berikut ini

Kantor GOOGLE Indonesia

Kantor GOJEK

Kantor TOKOPEDIA

Kantor UNILEVER

Kesimpulan

Di era Digital sekarang ini banyak kemudahan yang bisa kita nikmati. Karena apapun bisa dilakukan via digital atau online.

Dari segi transportasi misalnya kalau mau naik ojek bisa pakai aplikasi gojek atau grab untuk pesan ojek online atau juga bisa pesan taksi online.

Mau booking hotel juga bisa via online. Bahkan mau beli tiket pun bisa pesan via online, baik tiket pesawat, kereta api, sampai tiket bioskop pun tanpa perlu antri karena bisa book kapan saja dimana saja.

Selain kemudahan tersebut dalam hal pekerjaan dan peluang usaha juga bermunculan jenis pekerjaan baru yang hanya ada di era digital.

Banyak hal yang baru dari segi cara bekerja yang bisa remote dari rumah, sampai model kantor yang mungkin lebih nyaman daripada rumah sendiri.

Dan yang paling penting adalah semua itu butuh internet. Salah satu hal yang paling dibutuhkan di era digital ini adalah sebuah website, dan untuk membuat website diperlukan domain dan hosting (baca juga: apa itu domain hosting?).

Gimana? Seru kan hidup di era digital, karena bukan cuman kemudahan yang kamu dapatkan dalam keseharian kamu tapi juga karir dan pekerjaan yang juga seru-seru. Kalau menurut kamu apa pekerjaan seru yang hanya ada di era digital lainnya? Kasih tahu via komentar di bawah ya ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...