Kursus Online : Cara Belajar Zaman NOW Yang Cepat, Mudah dan Murah

Kursus online atau Belajar online kini semakin mudah ditemukan, hal ini tidak lagi menjadi hal yang mengejutkan pasalnya perpindahan aktifitas yang biasa dilakukan di dunia Offline sudah mulai bergeser ke dunia Online.

Dilihat dari data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) yang dalam hasil surveinya memberikan informasi bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 sebesar 132,7 juta atau 52% dari total penduduk Indonesia (256,2 juta).

kursus-online-data-statistik-pengguna-internet-di-indonesia

Dari data di atas bisa dilihat besarnya peluang untuk membuka berbagai bisnis dan kegiatan lainnya di ranah online, termasuk kegiatan les atau kursus yang dilakukan secara online guna mencangkup peserta kursus lebih luas di berbagai daerah di Indonesia.

Apa itu Kursus Online?

Kursus adalah kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan dalam kurun waktu tertentu (biasanya lebih pendek daripada belajar mengajar secara formal di sekolah) yang mempelajari satu keterampilan / skill tertentu yang pada akhirnya setiap peserta kursus yang mengikutinya dengan baik akan mendapatkan sertifikat atau surat keterangan keikutsertaannya pada kursus tersebut.

Dan Kursus Online adalah kegiatan belajar mengajar yang sama seperti kursus pada umumnya hanya saja dilakukan secara online, jadi bisa dilakukan dimana saja selama ada akses internet.

Mengapa Belajar Online Lebih Efektif?

online-course-kursus-online

Bagi penyelenggara kursus online manfaat adanya sistem belajar online ini bisa lebih menghemat biaya seperti biaya gedung, tenaga pengajar, dan waktu sebagai contoh pihak penyelaenggara les online hanya memproduksi satu set pembelajaran yang bisa diakses oleh peserta secara bersamaan dari mana pun dan kapan pun.

Bagi peserta kursus bisa belajar secara online dari mana saja selama ada akses internet, misal Anda mengikuti salah satu kursus online, lalu saat anda pergi ke luar kota anda bisa tetap belajar materi kursus tersebut langsung ditempat anda berada yang penting ada koneksi internet untuk akses materi kursus online anda.

10 Tips Memilih Pelatihan Online Yang Terbaik

Berikut 10 tips yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk mengambil salah satu kursus online,

tips memilih kursus online terbaik

1. Tempat Kursus Yang Berkualitas dan Terpercaya

Mencari tempat kursus online yang berkualitas bisa dicek dari kredibilitas lembaga kursus online tersebut, caranya Anda bisa cek di websitenya tentang review kursus online tersebut, lalu apakah perusahaan tersebut punya kantor, dan jangan lupa di cek apa ada liputan tentang website tersebut di beberapa media online maupun offline.

Semakin banyak poin-poin di atas ditemukan maka semakin bisa dipercaya penyelenggara kursus online tersebut.

2. Akses Kursus Yang Mudah

Karena nantinya Anda akan belajar online, jadi pastikan akses untuk kursus online tersebut mudah untuk diakses, biasanya yang dibutuhkan hanyalah membuat akun di website kursus tersebut lalu melakukan pembayaran sesuai paket dan anda bisa masuk ke materi pembelajaran yang hanya bisa diakses oleh member yang sudah membayar.

Untuk pendaftaran ada juga yang menggunakan akun social media seperti facebook untuk mengakses member area, jadi login nya sama dengan login Anda masuk ke facebook Anda.

3. Materi Belajar Yang Terstruktur

Kalau ada kursus online yang materinya banyak sekali tapi tidak di arahkan Anda pelajari yang mana dulu pastinya Anda malah akan bingung mau belajar dari yang mana dulu.

Karena itu materi belajar online yang terstruktur akan membantu Anda untuk bisa belajar dengan mudah dari tingkat kesulitan yang rendah ke tingkat kesulitan yang semakin sulit setelahnya.

4. Sistem Yang Mendukung Belajar Online

Sekarang ini proses belajar online sudah didukung dengan sistem yang bagus, kalau Anda pernah ketemu dengan kursus online yang saat belajar materinya sudah terstruktur dari tingkat mudah sampai sulit dan Anda tidak bisa lanjut ke materi selanjutnya bila materi yang Anda buka belum selesai Anda pelajari.

Artinya Anda tidak bisa loncat materi karena ibaratnya lagi belajar ada 4 pertemuan belajar tapi saat pertemuan ke-3 Anda tidak masuk maka Anda tidak bisa masuk di pertemuan ke-4, karena saat pertemuan ke-4 Anda harus dipastikan sudah menguasai materi pada pertemuan ke-3.

Selain sistem tersebut biasanya ada juga score atau history pembelajaran Anda yang akan membantu Anda untuk mengingat apakah materi tersebut sudah Anda pelajari atau belum.

5. Dapat Sertifikasi

Tujuan dari ikut kursus bukan hanya skill Anda yang akan bertambah tapi juga mendapatkan pengakuan bahwa skill Anda sudah betambah, hal ini bisa diwakilkan dengan adanya sertifikat yang akan Anda dapatkan setelah lulus ujian kursus online tersebut.

Mengapa sertifikat ini penting, karena sertifikat tersebut adalah pengakuan bahwa Anda telah lulus materi kursus online yang diselenggarakan dan menguasai skill materi kursus tersebut.

6. Kursus Sesuai Keterampilan Yang Ingin Dikembangkan

Bila Anda ingin kursus desain grafis pastikan materi yang anda ambil sesuai dengan desain grafis, jangan sampai anda ingin belajar desain grafis tapi materi kursus yang Anda ambil malah kursus menjahit.

Karena itu pastikan Anda memeilih materi kursus online dengan keterampilan yang ingin anda kembangkan

7. Adanya Mentor

Kalau saat belajar online Anda mendapatkan kesulitan lalu kepada siapa anda akan bertanya? yup sebelum anda mendaftarkan kursus online pastikan ada mentor yang akan menjawab setiap kesulitan yang akan anda temui saat belajar online.

8. Respon Admin / mentor Yang Cepat

Ada mentor saja belumlah cukup, karean kalau anda bertanya ke mentor Anda dan jawabnya bisa seminggu baru dijawab bisa dipastikan anda sudah bingung duluan dan kebutu malas untuk belajar kembali, karena itu respon mentor yang cepat bisa menjadi nilai tambah untuk penyelenggara kursus online tersebut dan pastinya akan membantu anda untuk belajar online lebih mudah dan cepat.

9. Adanya Quiz atau Latihan Soal

Untuk mengukur kemampuan anda atas materi yang diberikan maka perlu adanya quiz atau latihan soal mengenai materi pembelajaran yang anda ambil.

10. Harga Terjangkau

Kursus online akan lebih murah daripada kursus offline, kenapa? karena akan banyak biaya operasional yang di pangkas bila kursus diadakan secara online.

Biasanya harga kursus online tingkat kemahalannya tergantung pada tingkat kesulitan materi belajar online yang akan anda ambil, bila masih materi dasar maka akan elbih murah biayanya.

Materi Pelajaran Yang Bisa Dipelajari dalam Kursus Online

Banyak materi pembelajaran yang bisa anda pelajari dengan kursus online, mulai dari kursus menjahit, desain grafis, komputer, dan sebagainya. sebagai contoh salah satu penyelenggara kursus online sekelas babastudio saja sudah menghadirkan beberapa materi krusus berikut ,

  • Kursus Animasi Online
  • Kursus Bisnis Online
  • Kursus Design Grafis Online
  • Kursus Flash Animasi Online
  • Kursus Game Online
  • Kursus Internet Marketing Online
  • Kursus Komputer Online
  • Kursus PHP Online
  • Kursus SEO Online
  • Kursus Toko Online
  • Kursus Web Design Online
  • Kursus Website Online

Metode Pembahasan Belajar Online Yang Digunakan

Belajar online paling mudah ditangkap dengan menggunakan materi berupa video karena kebanyakan orang suka dengan pembelajaran secara visual, tapi tidak hanya dari sisi visual terkadang versi text yang berformat pdf atau doc juga bisa menjadi salah satu pendukung agar materi yang disampaikan tidak terlewat.

Dimana Tempat Kurus Online Yang Recommended

Kalau diluar saya suka dengan kursus online di Udemy, tapi gimana untuk yang berbahasa indonesia? anda bisa mengambil kursus online di babastudio

Mengapa Belajar Online di Babastudio ?

Di Babastudio semua 10 poin diatas bisa anda temukan saat anda belajar online, karena itu tidak perlu diragukan lagi bila anda ingin mengambil kursus online di babastudio untuk mendalami materi pembelajaran yang ingin anda kembangkan.

Kesimpulan

Saat ini untuk menambah skill, Anda tidak perlu mengambil kuliah s2, s3, dan sebagainya karena dengan mengikuti kursus anda sudah bisa menambah skill yang akan menambah nilai jual Anda.

Tapi karena perkembangan zaman, anda tidak perlu kursus jauh-jauh dari rumah anda, karena sekarang ini anda bisa mengambil kursus online yang belajarya bisa dilakukan via online, atau artinya anda bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

1 Comment

  1. Mantap ya Babastudio menyediakan beragam jenis kursus online, udah gitu berbasis bahasa Indonesia.
    Bagus untuk yang kurang paham dengan bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...