Manual Vs Digital

Dikisahkan ada 2 orang yang memiliki cara yang berbeda dalam beberapa hal, apalagi kalo soal kemajuan teknologi, sebut saja Keno dan Maman. Jadi si Keno itu masih suka dengan sesuatu yang jadul-jadul dan masih suka dengan cara-cara yang manual, tapi si maman dia udah ngikutin perkembangan zaman yang bikin semuanya jadi lebih mudah.

gimana kalo ngadu manual vs digital

Kompetisi Mengetik&Ngeprint Tercepat

Suatu hari mereka ingin mengadu kecepatan, si Keno minta si maman untuk ngetik tulisan sebanyak satu paragraph dan mengeprintnya, kalo si Keno dia ngetik pakai mesin Tik. Dengan penuh semangat mereka ngetik dengan cepat di alat mereka masing-masing. Si Keno ngetiknya sudah mahir dengan mesin Tik, tapi kalo lagi ada yang salah ribet juga harus di coret atau di tipe-X, si Maman dengan santainya menggunakan jurus ngetik sepuluh jari, kalo ada yang salah tinggal didelete atau dibackspace aja.

Alhasil Maman pun menang karena ia berhasil mengetik dan ngeprint hanya dalam waktu 10 menit. Sedangkan Keno masih baru menyelesaikan ¾ halaman.

Kompetisi Play Music Tercepat

Kompetisi yang kedua si Keno nantang maman untuk mutar lagu tercepat, si keno siap2 ngambil radio tapenya sama kaset Sheila on 7 album pertama. Maman diminta untuk megang stopwatch buat ngitung kecepatan si Keno. dan si Keno nantang si maman untuk pilih lagu yang ada di cover kaset Sheila on 7. Dan waktu pun dimulai keno sibuk rewind buat dapetin lagu yang diminta keno. dan stop! Dalam waktu 3 menit Keno berhasil menyetel lagu yang diminta Maman.

Sekarang gantian si Maman yang nantang keno untuk minta dimainkan lagu yang ada di laptop Maman. Dan si Maman juga ternyata punya mp3 sheila on 7 dari album pertama sampai terakhir. Dan si keno minta salah satu lagu Sheila on 7. Keno megang stopwatch kali ini, dan Tap si maman dengan sigap buka explorer dan buka folder lagu Sheila, ketemu lagunya langsung di klik 2 kali, dan Stop! Lagunya sudah main hanya dalam waktu 8 detik.

Kompetisi Melamar Pekerjaan Tercepat

Si keno kalah lagi, dan kali ini dia nantangin buat ngelamar kerja, si Keno bawa setumpuk Koran yang isinya lowongan kerja semua, maman dan keno sepakat untuk mencari kerjaan di bank, terserah apa saja posisinya. Dan waktu start pun dimulai.

Keno sibuk cari lowongan kerja bank di Koran, dia bulatin pakai stabilo, dan si maman dengan santai buka situs portal lowongan kerja pakai laptopnya. Dia buka situs jobsDB.co.id disitu dia Cuma klik category Banking/Finance, terus diklik dan dia dapet info lowongan kerja bank terbaru dari jobsDB.

Si keno udah dapet lowongannya terus dia segera membuat surat lamarannya pakai mesin tik, setelah itu dia masukan surat lamarannya ke amplop coklat dan ditempel alamat kantor yang dilamarnya. Butuh waktu setengah jam buat si Keno siapin itu semua. Dengan bangganya ia nunjukin surat lamarannya ke maman, dan siap dia kirim via pos. tapi ko si maman santai-santai aja sambil bersiul-siul. Dan pas ditanya si Keno “lo udah selesai bikin surat lamarannya? Ko nggak lo print surat lamaran lo” dengan santai si maman bilang “Nggak perlu ngeprint kali gua udah Apply lamaran gw ke 5 bank sekaligus”. Akhirnya Keno mengalah dan mulai belajar untuk menggunakan teknologi dengan baik.

Note : tulisan ini bukan untuk menjelek-jelekan atau mengagung-agungkan antara Manual dan digital, tapi hanya untuk pandangan bahwa sesuatu yang mudah itu tidak perlu di persulit. 🙂

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *