Mengenal Android (Operating System)

Android adalah sebuah system operasi (OS) yang menggunakan kernel linux sebagai dasarnya. Awalnya android dibuat untuk OS camera digital, tetapi karena pangsa pasarnya yang tidak begitu tinggi akhirnya Android digunakan sebagai OS pada smartphone. Android sendiri didesign untuk perangkat touchscreen seperti smartphone, tablet, PC with thouchscreen monitor.

Android Inc. didirikan pada oktober 2013 oleh Andy Rubin (co-founder Danger Company), Rich Miner (co-founder of Wildfire Communications, Inc.), Nick Sears (salah satu VP di T-Mobile), dan Chris White (Kepala design dan interface development di WebTV). Walaupun Rubin dan yang lainnya sempat bangkrut tetapi ada teman dekat Rubin, Steve Perlman yang memberikannya dana segar USD 10,000.

Rubin dan teamnya menyadari bahwa Android secara langsung harus bersaing dengan beberapa rival OS smartphone, seperti Symbian dan windows mobile (pada saat itu iOs belum muncul). Karena itu Rubin dan teamnya harus terus mencari inovasi dalam mengembangkan OS Android.

Hasilnya Android OS yang telah mereka buat dilirik oleh Perusahaan Raksasa Google yang akhirnya pada 17 Agustus 2005 Google mengakuisisi Android Inc. dan sang pendiri, Rubin, Miner, dan White tetap bekerja di Android untuk mengembangkannya lebih maju lagi.

Setelah diakusisi dan dipegang secara penuh oleh Google, Android semakin menggila terbukti pada tahun 2013 android menjadi Mobile OS yang paling banyak digunakan dan Devicesnya terjual paling banyak dibandingkan rivalnya, Windows, iOS, dan Mac OS. Tidak hanya OSnya aplikasi Androidpun ikut menjadi primadona, tepatnya pada July 2013 Google Play melaporkan bahwa lebih dari 1 juta Aplikasi Android telah terpublish, dan lebih dari 50 milyar Aplikasi yang di download.  Dan survey kepada para developer yang dilakukan pada April – May 2013 didapatkan bahwa 71% Mobile Developer merupakan Developer untuk Android.

Versi Android Dari Masa ke Masa

Versi penamaan pada Android memiliki keunikan tersendiri, yakni nama-nama berhubungan dengan nama-nama makanan dan Huruf depannya menggunakan Urutan Alfabet untuk setiap versinya.

versi android dari masa ke masa
Source : androguys.files.wordpress.com
  • Android versi 1.1 Dirilis pada 9 Maret 2009
  • Android versi 1.5 (Cupcake) Dirilis pada pertengahan Mei 2009
  • Android versi 1.6 (Donut) Dirilis pada September 2009
  • Android versi 2.0/2.1 (Eclair) Dirilis pada 3 Desember 2009
  • Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt) Dirilis pada 20 Mei 2010
  • Android versi 2.3 (Gingerbread) Dirilis pada 6 Desember 2010
  • Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb) Dirilis pada 22 Februari 2011
  • Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich) Dirilis pada tanggal 19 Oktober 2011.
  • Android 4.1 “Jelly Bean” (27 Juni 2012).
  • Android Versi 4.4  (KitKat) Dirilis pada tanggal 31 October 2013

Refference : Wikipedia Android OS | Daftar Versi Android

[Ilustrasi Foto : techdrivein.com ]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *