Mengenal Google Adwords

Sebagai sebuah search engine yang besar, Google berusaha untuk memberikan informasi yang sesuai dengan keinginan si pencari informasi yang menggunakan layanan Google Search. para pengguna cukup datang ke homepagenya Google lalu mengetikan sebuah keyword atau kata kunci yang ingin dia cari, setelah itu Google akan mencarikan informasi yang sesuai dengan keyword yang diketikan oleh si user. bentuk hasil pencariannya bisa kamu lihat seperti gambar di bawah ini.

SERP google
Terus Google Adword itu apa?
Apa ada hubungannya sama Search Engine Google?

Saya akan jelasin sedikit tentang Google Adwords, dari data yang saya dapet di halaman Support Google Adwords, Google sendiri yang bilang kalo Google Adwords  adalah Program periklanan Online milik Google, dan ada hubungannya Google Adword sama Search engine Google, soalnya Google Adword itu nampilin iklannya di Search Engine Google, Google pokoknya membuat kamu jadi lebih mudah untuk memasang iklan di hasil pencarian Google atau di situs-situs networknya Google (Google Display Network), kaya Gmail, Youtube atau website yang ikutan program Google Adsense. dan Google sendiri menjamin traffik/pengunjung yang akan diberikan relevant dengan produk yang ditawarkan oleh si pemasang iklan (advertiser). jadi si advertiser akan lebih efektif menggunakan uangnya buat beriklan di Google Adwords.

singkat ceritanya bisa kamu simak contoh berikut

Suatu hari ada orang yang ingin memasarkan produk jualannya di internet, semisal si orang itu punya produk/jasa Yoga Class, terus dia mau pasang iklannya pake Google Adwords dan dia cukup memilih keyword-keyword yang sesuai dengan barang dagangannya, misalanya : yoga classes, beginner yoga classess, dan lainnya yang masih relevant dengan yoga class. nah nanti ada orang yang cari yoga class menggunakan google search, mereka ketik di search engine Google pake keyword “beginner yoga classes” dan munculah webiste si advertiser itu di hasil pencarian. dan spesialnya iklan si google itu ada di paling atas atau sebelah kanan hasil pencarian jadi kemungkinan besar orang yang lagi cari beginner yoga classses itu klik iklan si advertiser itu terus dia masuk ke websitenya dan ikutan kelas yoga.

google adwords relsut

Jenis Iklan Apa Saja yang Bisa di Pasang di Google Adwords?

Lagi-lagi saya dapat infonya di Support Google Adwords, disana dibilang kalo jenis iklan yang bisa digunakan di Google Adwords itu ada beberapa macam, yaitu : Text format, image format,  WAP Format, Video Format, dan Format Flash juga bisa lho.

Nanti Iklannya cuma keluar di hasil search aja?

Seperti yang  tadi sudah dikatakan kalo iklannya muncul di hasil pencarian Google dan di networknya si Google (Google Display Network), intinya iklan muncul disetiap hasil pencarian atau website yang relevant sama keyword yang dipasang si Advertiser.

Kalo sitem bayarnya gimana?

Kalo cara pembayaran Google cuma bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit, atau bisa juga dengan Invoice tapi kalo yang pake Invoice ini biasanya agak susah karena ada beberapa persyaratan tertentu dan biasanya untuk yang berkala perusahaan bisa pake sistem Invoice ini.

Kalo harga masang iklannya gimana?

kalo harga biaya iklan google ada yang namanya sistem CPC (Cost Per Click) jadi setiap iklan yang di klik sama si user/pengunjung si advertiser baru bayar, kalo nggak diklik ya nggak perlu bayar, makanya ngiklan di Google Adword bisa lebih efektif karena si Advertiser cuma bayar kalo ada orang yang dateng ke websitenya. selain PPC Google juga ada banyak metodenya kaya CPM (cost-per-thousand-impressions) artinya si advertiser diminta bayar kalo iklannya udah tayang 1000x, kalo belum sampai seribu ya nggak perlu bayar, atau ada juga yang CPA (cost-per-aquisition) kalo yang ini lebih detail lagi, misal targetnya si advertiser pengen orang daftar ke websitenya, nah dia perlu bayar biaya iklan kalo si pengunjung itu daftar di websitenya, kalo nggak daftar ya nggak perlu bayar.

harganya semua relative tergantung Bidding soalnya sitemnya auction atau lelang, jadi yang paling tinggi biddingnya dia berkesempatan dapet tempat yang paling tinggi, tapi jangan kawatir ada faktor lain juga ko yang bikin iklan lo bisa muncul kaya Quality score dan lain sebagainya, kalo soal itu nanti ya dijelasin di postingan selanjutnya.heee….

kalo mau tahu lebih banyak tentang Google Adword kemana ya?

Kalo mau tahu lebih banyak tentang Google Adwords, kamu bisa langsung aja kunjungin Support Centernya Google Adwords, nih Linknya langsung aja ke TKP >> https://support.google.com/adwords/certification


Sumber Video : http://www.youtube.com/watch?v=05we2g3Edgs
Semoga bermanfaat, Kalo kamu masih bingung bisa langsung tanya aja via kolom komentar di bawah yah 🙂

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *