Perbedaan SEO dan SEM (Google Adwords)

Bagi yang mengenal dunia digital marketing pasti sudah familiar dengan istilah SEO dan SEM kan! tapi sebelumnya saya mau menjelaskan sedikit tentang SEM secara definisi arti katanya dan definisi kebanyakan orang.

Menurut situs Searchengineland.com SEM adalah payung dari SEO dan Paid search activities, tapi kebanyakan orang menyebut SEM sebagai Paid search activities saja.

“Search Engine Marketing” was once was used as an umbrella term to encompass both SEO (search engine optimization) and paid search activities. Over time, the industry has adopted the SEM acronym to refer solely to paid search.”

Okay kita sepakat dalam hal ini menyebut paid search activities sebagai SEM ya. dari pengertian SEM sebagai payung SEO dan Paid search activities bisa dijelaskan bahwa tujuan SEO dan SEM sama-sama ingin mendapatkan traffik dari search engine dengan menampilkan/memunculkan websitenya pada halam pertama di hasil pencarian (SERP – Search Engine Result Page).

Jadi apa perbedaan antara SEO dan SEM?

Perbedaannya yang paling mencolok adalah dari hasil tampilannya di SERP

perbedaan seo dan sem di serpSelanjutnya perbedaan dari segi biaya, SEM (Google Adwords) anda diharuskan membayar ke Google dengan sistem PPC (Pay Per Click). jadi anda hanya diharuskan mebayar untuk setiap iklan yang di klik pencari. sedangkan SEO anda tidak perlu membayar ke Google, jika anda melakukannya sendiri, ya anda akan free dari biaya tapi seandainya anda menggunakan jasa orang lain (agency) untuk meng-Optimize SEO website anda ya biaya yang harus anda keluarkan adalah biaya jasa mereka (agency SEO).

Jika dilihat dari prosesnya, perbedaannya terdapat pada waktu dalam proses memunculkan website anda di hasil pencarian. jika menggunakan SEM iklan (website) anda akan langsung muncul dihasil pencarian dengan keywords yang ditargetkan saat itu juga (tergantung kompetitor). sedangkan SEO butuh proses yang cukup lama, bahkan minimal 3 bulan untuk bisa masuk list page one hasil pencarian.

Secara pengukuran keberhasilannya, SEO agak sulit diukur karena semua terjadi secara natural, sedangkan SEM sangat mudah untuk diukur.

Fitur, SEO hanya muncul di hasil pencarian sedangkan SEM berkemungkinan untk muncul diberbagai network google (GDN – Google Display Network) salah satunya situs-situs besar yang menjadi network google seperti detik, kompas, kapanlagi, dst…

Sekarang sudah mengeti kan? kalau ada yang bingung dan mau diskus soal SEO/SEM bisa kirimkan via email di randasaputra@gmail.com