perpanjangan paja k5 tahun

Tata Cara Perpanjang STNK 5 Tahun Di Samsat Jaksel

Mau share nih pengalaman waktu perpanjang STNK tahun kelima alias ganti Plat. berhubung domisilinya di jakarta selatan jadi bayar pajaknya ke samsat jakarta selatan (Komdak).berikut tata caranya (untuk roda dua ya πŸ™‚ )

Tata Cara Perpanjang STNK di Samsat Jaksel

sebelumnya saya mau ngelist berkas-berksi yang dibutuhkan :

  • BPKB Asli
  • STNK Asli
  • KTP (an. di STNK) Asli
  • Pulpen (kalo nggak minjem dilokasi)

1. Sesampainya di samsat langsung menuju Lokasi Cek Fisik yang letaknya debelakang gedung samsat, untuk nyarinya gampang ko karena ada petunjuk arahnya, ikutin aja nanti sampe dibelakang udah rame sama orang-orang yang lagi ngecek fisik kendaraannya juga.

cara perpanjangan pajak STNK motor

2. Kalo udah sampe langsung parkir di tempat yang disediakan, lalu ambil blanko di loket pangambilan blanko (gratis dan yang perlu diserahkan STNKnya)

3. Kalo udah kembali keparkiran motor cek fisik tadi dan langsung minta salah satu petugas cek fisik buat isi blanko tersebut

4. Setelah lengkap diisi sama si petugasnya langsung bawa motornya ke parkiran di depan gedung, soalnya kita nggak boleh parkir di tempat cek fisik kecuali saat mau di cek fisik aja.

5. Setelah markir di parkiran depan, kita kembali ke tempat cek fisik untuk menyerahkan blanko yang sudah diisi tadi ke loket 3 dan tinggal nunggu dipanggil (yang dipanggil berdasarkan no platnya ya).

cara ganti plat motor 5 tahun

6. Setelah dapet panggilan langsung ambil blanko tersebut dan langsung ke bagian Fotocopy yang ada di sebelahnya.

perpanjangan pajak 5 tahun

7. Fotocopy berkas-berkas, (STNK, KTP Asli, BPKB, Blanko)

8. Fotocopy beres sekarang langsung bergegas ke gedung samsat lantai 4 (untuk sepeda motor). pas masuk kamu diminta untuk melepas jaket (jika memakai jaket) dan diperiksa tasnya (jika bawa tas).

9. Sesampainya di lantai 4, langsung ambil formulir pengisian di loket dekat pintu masuk, lalu isi formulir tersebut dengan referensi yang ada di meja pengisian.

bayar perpanjangan STNK komdak

10. Serahkan formulir yang sudah diisi tadi beserta berkas-berkas yang sudah difotocopy (langkah 7) ke loket pendaftaran, dan nanti kamu akan diberikan nomor antrian.

bayar pajak komdak

11. Langkah selanjutnya nunggu panggilan untuk mengambil SSPD roda 2 di loker pengambilan SSPD roda 2. kalo sudah dipanggil kamu hanya menyerahkan nomor antrian tadi dan kamu akan diberikan lembar kertas STNK (Blanko) yang sudah tertera jumlah yang harus dibayarkan, dan KTP asli.

bayar pajak komdak jaksel

12. Kalo sudah dapet langsung ke loket kasir untuk membayar tagihan tersebut. dan berikan blanko tadi dan bayar sesuai dengan nominal yang tertera, nanti yang jaga di loket akan mencap lunas blangkonya.

13. Setelah bayar dikasir sekarang tinggal nunggu dipanggil untuk mengambil STNK yang baru di cetak di loket penyerahan STNK.

14. Di loket penyerahan STNK cukup menyerahkan blanko yang sudah dicap tadi. dan kalo perpanjang 5 tahun Plat Motornya akan dikabarin via telpon atau sms, jadi kamu diharuskan untuk mencantumkan nama dan no telpon kamu untuk informasi pengambilan Plat Nomor nanti (estimasi 1-2 minggu)

– Selesai –

Note :

  • kalo untuk perpanjang STNK tahunan kamu bisa lakukan langkah 9-14 karana tidak perlu cek fisik kendaraan.
  • waktu itu saya lagi beruntung jadi pas mau ambil plat (seharusnya 1-2 minggu lagi) di pintu keluar gedung samsat sebelah kirinya itu tempat nyetak plat nomor disitu langsung aja masuk dan kasih blanko yang tadi kita dapet buat ambil plat kelak, terus tunggu platnya jadi nanti langsung pada geroyokan.heee.. tapi nggak tahu bisa kaya gitu terus nggak soalnya kayanya saya kebetulan aja dapet momen itu (jadi kelar cukup 1 hari aja) πŸ˜›
  • Oia untuk semuanya saya nggak kena biaya sama sekali, cuma kena biaya pajak motornya aja πŸ™‚
  • Petugas yang ada di cek fisik kendaraan ramah-ramah dan informatif, pas mau masuk ke dalam gedung samsat satpamnya agak galak lho, mungkin karena harus tegas periksain orang-orang yang mau masuk, termasuk satpan yang ada di dalam saya tanya jawabnya agak jutek, mungkin karean tugasnya.heee… kalo di lantai 4 petugasnya juga ramah-ramah.

Semoga Tata Cara Perpanjang STNK di Samsat Jaksel bisa bermanfaat πŸ™‚

Published by

Randa Saputra

Halo saya Randa, saya hanya nubie yang lagi belajar kejar target :P sekarang lagi fokus jadi S.A.H.D (Stay at Home Dad) Jagain anak sambil internetan. Heee…

14 thoughts on “Tata Cara Perpanjang STNK 5 Tahun Di Samsat Jaksel”

  1. Top markotop infonyaaa. Kebetulan ane juga sebentar lagi memperpanjang plat nomer di Samsat Jaksel.
    Makasih gan πŸ™‚

  2. Siang Mas Randa,,Infonya sangat bermanfaat
    Sekalian Mau tanya kalau misalkan pada saat ganti plat, sekalian rubah alamat (Masih satu wilayah jaksel). Proses tambahannya boleh diinfo kah?

  3. Untuk rubah alamat saya belum tahu mas, tapi bisa ditanyakan ke bagian informasinya, mereka ramah dan cukup informatif ko kalo kita kurang paham ^_^

  4. Aku hari ini (4/10/2016) pas minta blanko cek fisik di polda metro ternyata diminta uang 20rb. Cuma pas ditanya ada kuitansi atau tidak bilang nya tidak ada. Karena cuaca panas dan ngga pengen lama lama aku kasih aj. Masih bertanya2 juga sih, itu pungutan resmi atau pungli y

  5. waktu itu saya gratis mas, kalo nggak ada kuitansi atau info itu beneran uangadministratif atau bukan mungkin masuk kategri pungli, tapi ya kadang saya juga heran pungli susah hilang di negara ini, smoga kedepannya semakin diperketat lagi sama oknum2 nakal gini

  6. Ok dah infonya..tp kl di stnk atas nama orang lain apa sama syarat2nya gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...