Tips Mudah Membuat Bisnis Anda Goes Online

Zaman sekarang makin menjamur bisnis-bisnis yang goes online, karena selain bisa memangkas biaya Goes online, juga bisa memaksimalkan revenue. Misal kamu yang membuka sebuah bisnis secara offline pastinya membutuhkan toko atau kantor nyata, dan pastinya butuh biaya bukan, seperti biaya sewa ruko atau kalo sudah punya sendiri sewa listrik dan perkakas lainnya.

tips goes online
Source : onlinebusiness.volusion.com

Tapi kalo goes online yang kamu perlukan hanya sekotak ruangan atau bahkan kamar kamu sendiri yang disulap jadi “kantor” untuk tempat kamu bekerja. Selain itu keperluan yang paling pokok adalah PC/laptop beserta sambungan internet. Yup… siap Goes Online?

Cara Mudah Untuk Bisa Goes Online

1. Buat Kantor/Toko “Maya”
Karena didunia maya jadi kita harus membuat toko atau kantor didunia maya dulu, caranya gampang pakai saja website gratisan maupun yang berbayar. Dengan begitu kamu bisa menjajakan produk/jasa kamu kepada khalayak ramai. Dengan biaya yang relative terjangkau kamu juga sudah bisa buat website lho, yang pasti harganya tidak semahal kalo kamu sewa ruko 😀

2. Social Media As Public Relation/Customer Service
Menggunakan Social media sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah cara yang paling effektif. Tapi hati-hati juga karena pelanggan kita “maya” diusahakan untuk membangun citra yang positif ya, karena kalo jelek bisa menyebar dengan cepat juga. Misalnya dalam pelayanan kita lambat, nah itu bisa jadi boomerang buat kita lho, soalnya kalo di dunia online itu serba cepat. So kalo mau engaged dengan pelanggan menggunakan social media adalah cara yang paling tepat.

3. Share Informasi yang bermanfaat
Cara paling mudah mendapatkan sesuatu dari orang lain adalah dengan cara memberikan mereka sesuatu yang bermanfaat, disini yang bisa dilakukan adalah memberikan informasi menarik yang bisa bermanfaat untuk mereka. Misalnya kamu menjajakan produk travel disitu kamu bisa memberikan artikel yang isinya “tips dan trik traveler ala backpack ke …..” atau “lokasi paling indah di Bali yang belum diketahui orang”. Intinya sesuatu yang bermanfaat untuk mereka.

4. Promosi dengan Budget Yang Terjangkau
Untuk promo di internet kadang biayanya bisa dibilang relative lebih murah dan powerfull dibandingkan secara offline. Promo yang bisa dilakukan dengan cara menyebar artikel bermanfaat (point 3) ke social media/social bookmark yang ada di Indonesia, selain itu kamu juga bisa menggunakan SEO agar website kamu dapat muncul di hasil pencarian Google. Atau kalo mau yang instan kamu bisa bayar jasa Buzzer di twitter pastinya dengan follower mereka yang ribuan dan ada juga yang paling effective menggunakan Google Adwords (butuh jasa adwords just send me an email :)) .

Kenapa Harus Goes Online? Selain keuntungan pada penekanan biaya, ada keuntungan lainnya yakni semua dapat diukur. Jadi kamu bisa mengukur semua uang yang kamu keluarkan untuk promosi bisa menghasilkan berapa % conversinya ke penjualan. Ready To Goes Online..? send an email to me if you need discussion 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *