Tutorial Lengkap Cara Membuat Website Toko Online Dengan WordPress

Untuk cara bisa jualan online, kita harus mempunyai online store sendiri dulu bukan! Tapi masalahnya adalah membuat sebuah toko online pastinya membutuhkan dana yang tidak murah atau harus mengerti bahasa pemrograman webite terlebih dahulu. Untungnya ada cara mudah untuk membuat sebuah toko online kamu sendiri tanpa harus mahal dan mengerti banyak soal pemrograman lho. Bagaimana caranya? Saya akan menjabarkan step by step cara mudah membuat toko online sendiri dengan WordPress tanpa harus mengerti bahasa pemrograman website. Bahkan dengan biaya dibawah 1 jutaan kita bisa membangun toko online sendiri dan siap melejitkan profit penjualan tentunya.

Menentukan Nama Domain Toko Online

Sudah tau kan apa itu domain? Domain itu ibarat toko offline adalah nama toko atau alamatnya. Sama halnya dengan toko online juga ada nama toko atau alamatnya misal tokosepatu.com ; tokonlinesaya.com ; Blibli.com ; amazon.com ; bhineka.com dsb.

Menentukan nama domain sama sulitnya seperti menentukan nama perusahaan kita, karena domain merupakan identitas website kita. Seperti yang dilansir GoDaddy dalam blognya butuh 10 tips untuk memilih nama domain yang tepat.  Yang terpenting adalah jika kita sudah memiliki nama brand ada baiknya menggunakan nama brand kita sebagai nama domain.

Sebelum menentukan nama domain yang fix akan digunakan, buat setidaknya 10 list variasi nama domain untuk di cek ketersediannya. Misal saya punya brand Alifa dan ingin berjualan hijab jadi bikin 10 variant nama domain dengan kata hijab dan alifa.

Hijabalifa.com
Hijabalifaonline.com
Hijabcantikalifa.com
Hijabkualifa.com
Kerudungalifa.com
Kerudungalifaku.com
Hijab-alifa.com
Kerudung-alifa.com
Hijabku-alifa.com
Alifahijabku.com

Cek ketersediaan nama domain di Dynadot.com

Masukan 10 list nama domain yang tadi sudah disiapkan, lalu klik pilihan kedua “I entered complete domain names with TLDs.” karena kita membuat namanya sudah lengkap dengan .com nya. kalau sudah tekan search

cara cek nama domain bulk
Setelah selesai loading, scroll kebawah hasilnya akan seperti ini

cek nama domain banyak didynadotDisitu semua list nama domain yang kita masukan available semua, kalau kaya gini lebih enak tinggal pilih yang menurut kita paling bagus. Setelah nama domain sudah ditentukan langkah selanjutnya adalah membeli nama domain tersebut dan hostingnya.

Cara Membeli Domain dan Hosting Untuk Website Toko Online

Sebelum kita membuat website toko online dengan wordpress kita harus menyediakan tempat (hosting) untuk website kita. Sudah familiar kan dengan Hosting? Hosting itu ibarat toko offline adalah tokonya, tempat menyimpan produk-produk dagangan kita. Kalau di online Hosting itu adalah Hardisk (space untuk menyimpan foto dan konten produk kita).

Untuk membeli Domain dan Hosting untuk target indonesia kita bisa menggunakan JagoanHosting.com

cara beli hosting di jagoan hosting

Cara membeli Domain Hosting di jagoanhoting.com

Buka Jagoanhosting.com

Klik Services – Web Hosting – Hosting Indonesia

cara beli hosting di jagoan hosting

Pilih Paket Hosting, untuk pemula gunakan saja yang paket ID COPPER atau ID BRONZE jangan lupa dipilih kontrak 1 tahun terlebih dahulu (ini optional tergantung kemampuan modal kita). Jika Sudah Klik Beli Paket

cara beli hosting di jagoan hosting

Kalau belum punya domain silahkan sekalian daftar untuk domain baru, masukan nama domain yang kamu pilih dari 10 list nama domain tadi. nanti sistem akan melakukan pengecekan langsung. jangan lupa ceklist domain yang kamu mau beli.

cara beli hosting di jagoan hostingMasukan data akun kamu dengan lengkap

cara beli hosting di jagoan hosting

Review kembali pesanan kita, saat ini total sebesar Rp.302,500 untuk Domain (95rb) dan hosting (180rb) ditambah ppn 10%. Pilih metode pembayaran yang able untuk kita, masukan kode promosi jika ada, jika sudah klik Pesan Sekarang

cara beli hosting di jagoan hostingLakukan pembayaran dan konfirmasi kepihak JagoanHosting. Setelah pesanan kamu aktif, kamu sudah bisa menggunakan Domain dan Hosting kamu untuk membuat website Toko Online dengan WordPress.

Panduan Cara Membuat Website Gratis Dengan WordPress di Hosting Sendiri

Setelah memilik domain dan hosting saatnya untuk menginstall WordPress di hosting kita, caranya cukup mudah masuk ke Cpanel Hosting kamu

Scroll kebawah dan cari Softaculous untuk install wordpress, biasanya ada logo wordpressnya seperti gambar di bawah ini,

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Klik Install untuk memulai install wordpress

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Pilih protocol dengan http://www. dan pilih nama domain yang ingin diinstall wordpress, biasanya defaultnya adalah nama domain yang tadi kita sudah beli. untuk Directory dikosongkan saja.

cara cepat install wordpress menggunakan softaculous

Pada Sitename dan site description website kita (optional karena bisa diganti nantinya), pada admin account pilih username dan password untuk login ke CMS wordpressnya.

cara cepat install wordpress menggunakan softaculousJika sudah pilih themes untuk sementara dan tekan Install

cara cepat install wordpress menggunakan softaculousTinggal tunggu sebentar dan website kamu kini sudah online

Buat Toko Online di WordPress dengan Themes Toko Online LapakInstan

Apa itu LapakInstan?

LapakInstan adalah themes toko online buatan anak bangsa dengan nama Smart toko. Smart toko ini adalah Theme WordPress yang di design untuk tujuan Toko Online, dengan design yang profesional dan fitur yang canggih smart toko diharapkan mampu membantu kelangsungan toko online kamu jadi lebih mudah untuk meningkatkan profit penjualan.

Beli Themes Toko Online LapakInstan

cara membuat toko online dengan wordpressMengapa LapakInstan?

  • Dengan desain yang Responsive, Toko online kamu dapat di akses dengan mudah melalui pc/gadget/mobile dimana pun & kapan pun
  • Dengan SMS notifikasi kamu dapat mengetahui order baru melalui sms, dan pembeli juga menerima sms notifikasi
  • Dengan display produk yang rapih dan profesional look, tentu akan menambah kualitas toko online kamu di mata pengunjung toko online kamu
  • Dengan fitur hitung ongkir otomatis dapat memudahkan kamu dan calon customer tanpa harus mengecek manual berapa ongkir ke alamat customer
  • Dengan Sekali bayar, kamu tidak perlu mengeluarkan UANG lagi untuk UPDATE karena kami memberikan FREE update selamanya!

beli themes lapak instan murah

Conclusion

Membuat toko online dengan cms wordpress sangat cocok untuk kamu yang baru melebarkan bisnis offline kamu ke ranah Online, membuat toko online dengan wordpress juga sangat mudah untuk dilakukan sendiri, tanpa harus tahu bahasa pemrograman website dan hanya dengan modal kurang dari 1 juta bahkan kurang dari 600Rb (Domain Hosting + Themes LapakInstan = Rp.302,500 +  Rp.290,000 = Rp. 592,500) kamu sudah bisa membangun website toko online kamu sendiri.

Ditambah dengan menggunakan Themes Smart Toko Dari LapakInstan akan memaksimalkan toko online kamu untuk terlihat lebih profesional dengan harga yang terjangkau.bahkan fitur-fiturnya pun dikhususkan memang untuk sebuah toko online, dari laporan pejualan, shipping yang sudah terintegrasi dan pastinya themes toko online ini juga responsive. semoga tutorial Bagaimana cara membuat toko online dengan wordpress ini bisa bermanfaat untuk kamu.